ANALISIS SIYASAH SYAR'IYYAH TERHADAP PERAN PERANGKAT DESA DALAM MENJALANKAN MEKANISME PENCEGAHAN CORONAVIRUS DISEASE 2019 (Studi di Desa Negara Bumi Udik Kecamatan Anak Tuha Kabupaten Lampung Tengah)

Evi, Herika Sari (2023) ANALISIS SIYASAH SYAR'IYYAH TERHADAP PERAN PERANGKAT DESA DALAM MENJALANKAN MEKANISME PENCEGAHAN CORONAVIRUS DISEASE 2019 (Studi di Desa Negara Bumi Udik Kecamatan Anak Tuha Kabupaten Lampung Tengah). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI REVISI EVIHERIKA SARI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Pandemi Coronavirus Disease 2019 menjangkit dilebih dari 215 negara di dunia salah satunya termasuk Indonesia. Jumlah kasus baru di Indonesia setiap harinya masih ditemukan angka yang fluktuaktif. Angka kematian juga masih terus terjadi walaupun diimbangi dengan jumlah kesembuhan pasien. Dalam hal ini peran perangkat desa sebagai pemerintah desa haruslah mengacu kepada aturan pemerintah yang telah ditetapkan. Oleh karena itu, perangkat desa diharapkan dapat menjalankan tugas dan fungsinya sebagaimana yang telah ditetapkan. Dalam pengetahuan tentang wabah Coronavirus Disease 2019 serta peraturan yang dilaksanakan oleh perangkat desa sangat penting diketahui oleh masyarakat sehingga masyarakat mampu mengambil keputusan dalam berperilaku yang tepat dalam rangka memutus rantai penularan Coronavirus disease 2019. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui 1)Bagaimana Peran Perangkat Desa Dalam Menjalankan Mekanisme Pencegahan Coronavirus Disease 2019 dan 2)Bagaimana pandangan Siyasah Syar‟iyyah Terhadap Peran Perangkat Desa Dalam PencegahanCoronavirus Disease 2019. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Peran Perangkat Desa Dalam Menjalankan Mekanisme Pencegahan Coronavirus Disease 2019 Menurut Siyasah Syar‟iyyah. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis, yang merupakan penelitin lapangan (field research), penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, dan dokumentasi. Metode yang digunakan dalam menganalisis data adalah metode induktif yaitu cara berfikir dalam menarik kesimpulan secara umum dan berdasarkan fakta yang terjadi di lapangan. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan bahwa peran perangkat desa Negara Bumi Udik dalam menjalankan mekanisme dan kebijakanpemerintah untuk pencegahan Coronavirus Disease 2019, perangkat desa kurang maksimal dalam menjalankan tugas serta fungsi sebagai perangkat desa di desa Negara Bumi Udik. Karena bisa dilihat dari adanya beberapa mekanisme dan kebijakan dari pemerintah yang tidak terlaksana secara maksimal. Serta kurangnya antusias dan kesadaran dari perangkat desa dan juga masyarakat dalam menanggulangi pencegahan Coronavirus Disease 2019. Sehingga sebagian besar masyarakat kurang atau bahkan tidak paham, serta tidak berpartisipasi penuh dalam menjalankan mekanisme dan kebijakan yang telah dikeluarkan oleh pemerintah dalam pencegahan penularan Coronavirus Disease 2019 di desa Negara Bumi Udik. Menurut Siyasah Syar‟iyyah peran perangkat desa dalam menjalankan mekanisme pencegahan Coronavirus Disease 2019 belum menerapkan prinsif siddiq, amanah, fathonah dan tabligh serta tanggungjawab dan kewenangan yang dilakukan oleh perangkat desa untuk mensejahterakan rakyatnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Mar 2023 07:23
Last Modified: 14 Mar 2023 07:23
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23621

Actions (login required)

View Item View Item