TINJAUAN HUKUM ISLAM DAN HUKUM POSITIF TENTANG SISTEM PERGANTIAN MEREK BARANG PRODUK MAKANAN (Studi di Yummy Cake & Bakery Bandar Lampung)

Chyntia, Devi (2023) TINJAUAN HUKUM ISLAM DAN HUKUM POSITIF TENTANG SISTEM PERGANTIAN MEREK BARANG PRODUK MAKANAN (Studi di Yummy Cake & Bakery Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of cover bab 1+bab 5& dapus.pdf] PDF
Download (14MB)
[thumbnail of full skripsi.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (16MB)

Abstract

ABSTRAK Praktik pergantian merek barang produk makanan yang dilakukan pada toko Yummy Cake & Bakery di kota Bandar Lampung adalah mengganti merek barang yang sebelumnya barang tersebut sudah memiliki merek dan kemudian diganti dengan merek dagang Yummy Cake & Bakery untuk dijual kembali. Dari merek dagang yang diganti menjadi merek dagang Yummy Cake & Bakery ada beberapa merek yang belum bekerjasama dengan toko Yummy Cake & Bakery, dan ada juga yang sudah bekerjasama dengan Yummy Cake & Bakery dengan cara bekerjasama untuk memasok produk dengan cara memesan roti untuk dijual kembali dengan merek dagang Yummy Cake & Bakery. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana praktik pergantian merek barang produk makanan di Yummy Cake & Bakery Bandar Lampung dan bagaimana tinjauan hukum Islam tentang pergantian merek barang produk makanan di Yummy Cake & Bakery Bandar Lampung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui praktik pergantian merek barang produk makanan di Yummy Cake & Bakery Bandar Lampung dan untuk mengetahui tinjauan hukum Islam tentang pergantian merek barang produk makanan di Yummy Cake & Bakery Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan (field reseach) yang bersifat deskriptif analisis, menggunakan sumber data primer dan sekunder, menggunakan objek penelitian, metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, dan Teknik pengolahan data yang digunakan pemeriksaan data dan sistematika data, selanjutnya di analisis menggunakan metode kualitatif dengan cara berfikir induktif. Berdasarkan hasil penelitian, dapat dikemukakan bahwa pergantian merek barang yang dilakukan toko Yummy Cake & Bakery di Bandar Lampung adalah mengganti merek dagang pada produk yang sebelumnya sudah mempunyai merek tersendiri. Namun dalam pergantian merek ini tidak terdapat kesepakatan pada beberapa penjual yang mengakibatkan adanya kecurangan dalam berdagang. Jadi dapat dikemukakan bahwa pergantian merek barang yang dilakukan toko Yummy Cake & Bakery di Bandar Lampung tidak sesuai dengan hukum yang berlaku dan perbuatan mengganti merek ini adalah perbuatan melanggar atau melawan hukum dimana tindakannya dapat merugikan orang lain. Sedangkan dari tinjauan hukum Islam adalah sama saja dengan mencuri atau menipu yangmana hukumnya adalah haram dan dilarang dalam al-Qur’a>n. hukum positif terhadap pergantian merek barang yang tidak memiliki izin adalah suau perbuatan yang melanggar Hak Kekayaan Intelektual (HKI) yang telah dilindungi dan pergantian produk tanpa persetujuan sama saja dengan mencuri yang berarti diharamkan karena tidak adanya izin atau kerjasama. Maka, pergantian merek barang produk makanan ini tidak diperbolehkan dengan hukum Islam maupun hukum positif. Kata Kunci: Merek, Pergantian Merek, Yummy Cake & Bakery.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Mar 2023 07:00
Last Modified: 14 Mar 2023 07:00
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23616

Actions (login required)

View Item View Item