DAMPAK PEMBELAJARAN DARING TERHADAP PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA DINI DI MASA PANDEMI COVID-19 DI PAUD AL-HIKMAH TANJUNGAN KECAMATAN KATIBUNG LAMPUNG SELATAN

ADETYA, ALI (2023) DAMPAK PEMBELAJARAN DARING TERHADAP PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA DINI DI MASA PANDEMI COVID-19 DI PAUD AL-HIKMAH TANJUNGAN KECAMATAN KATIBUNG LAMPUNG SELATAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI ADETYA ALI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK Permasalahan dalam penelitian ini yaitu pembelajaran daring terhadap Pendidikan karakter di PAUD Al-Hikmah berdampak kurang baik, karena pembelajaran yang di lakukan di rumah maka orang tua memiliki peran penting dalam pembentukan karakter anak khususnya kedisiplinan, mandiri dan tanggung jawab dalam mengikuti pembelajaran daring yang dinilai kurang efisien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak pembelajaran daring terhadap Pendidikan karakter anak usia dini di PAUD Al-Hikmah. Penelitian yang dilakukan ialah deskriptif kualitatif berkenaan dengan metode pengumpulan data serta memberikan gambaran solusi permasalahan pembelajaran daring terhadap pendidikan karakter peserta didik di PAUD Al Hikmah Desa Tanjungan Kecamatan Katibung Lampung Selatan. Subjek pada penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru Kelas Kelompok B dan Objek penelitian yaitu dampak pembelajaran daring terhadap Pendidikan karakter anak usia dini dimasa pandemi covid-19 di PAUD Al-hikmah Tanjungan Kecamatan Katibung Lampung Selatan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan triangulasi Teknik. Data dianalisis dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa dampak Pembelajaran daring sangat berdampak terhadap proses belajar anak usia dini dan berdampak kurang baik, Karena pembelajaran di lakukan di rumah maka wali murid memiliki peran penting dalam pembentukan karakter anak khususnya kedisiplinan, mandiri dan tanggung jawab dalam mengikuti pembelajaran daring yang dinilai kurang efisien. Dibuktikan adanya anak mengalami penurunan kemauan ketika belajar, terdapat kendala dari orang tua anak yang ternyata masih kesulitan dalam membimbing anak belajar, kurangnya pemahaman materi dari orang tua, penggunaan smartphone yang berlebihan pada anak menimbulkan efek negatif bagi kesehatan dan mental, serta menurunnya perilaku disiplin sehingga anak sering mengesampingkan tugas yang telah diberikan oleh guru, dan menjadi anak tidak taat dalam proses pembelajaran daring yang berlangsung. Kata kunci : Covid 19, Pembalajaran Daring, Pendidikan Karakter anak usia dini

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Mar 2023 06:59
Last Modified: 14 Mar 2023 06:59
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23615

Actions (login required)

View Item View Item