AHMAD, FAHMI AFRIJAL (2023) BIMBINGAN BELAJAR DALAM MENINGKATKAN SIKAP KEMANDIRIAN BELAJAR MURID DI SDIT CAHAYA MADANI PRINGSEWU. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Download (2MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Bimbingan belajar mrupakan salah satu usaha untuk membantu permasalahan siswa dalam hal belajar dilakukan dengan cara mengembangkan suasana belajar mengajar yang kondusif agar siswa terhindar dari kesulitan belajar. Dalam bimbingan belajar, para guru berupaya memfasilitasi murid dalam mencapai tujuan akademik yang diharapkan. Bimbingan sebagai upaya pendidikan, diartikan sebagai proses bantuan kepada individu untuk mencapai tingkat perkembangan diri secara optimum didalam navigasi hidupnya secara mandiri. Bantuan dalam arti bimbingan yaitu memfasilitasi individu untuk mengembangkan kemampuan memilih dan mengambil keputusan atas dasar tanggung jawab sendiri. Sedangkan, perkembangan optimum adalah kondisi dinamis yang ditandai dengan kesiapan dan kemapuan individu untuk memperbaiki diri agar dia menjadi pribadi yang berfungsi penuh di dalam lingkunganya. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitattif, teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber dari penelitian ini berasal dari data primer guru dan wali kelas serta kepala sekolah SDIT Cahaya Madani Pringsewu, sumber data sekunder berasal dari sumber data lain untuk memperkuat atau melengkapi data primer yang diperoleh dari buku, jurnal, wawancara dan sumber lain yang diperlukan Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini ada beberapa proses yang dilakukan wali kelas yaitu : Memberikan motivasi dan dukungan kepada murid-murid untuk membantu meningkatkan rasa semangat kemandirian belajar dalam diri setiap murid. Tidak hanya itu, memberikan motivasi dan dukungan kepada murid juga dapat meningkatkan rasa percaya dirinya tentang sesuatu yang akan dilakukan. Home visite, ini dilakukan apabila permasalahan yang dialami murid dalam belajar sudah dibantu oleh guru dan wali kelas disekolah, namun masih belum menemukan titik terang. Pendampingan secara khusus, hal ini dilakukan ketika masih ada murid yang mengalami kesulitan dalam kemandirian belajarnya, karena biasanya murid masih agak kesulitan dengan kebiasaan barunya yang belum bisa dilakukan sendiri, dengan dilakukan pendampingan diharapkan murid dapat dengan cepat melakukan tindakan mandiri. Kata Kunci : Bimbingan Belajar, Kemandirian Belajar
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Bimbingan Konseling Islam |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 14 Mar 2023 06:49 |
Last Modified: | 14 Mar 2023 06:49 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23614 |
Actions (login required)
View Item |