PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI EDPUZZLE BERBANTU WHATSAPP GROUP SEBAGAI ALTERNATIF PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BELAJAR MANDIRI DAN MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA

WIDYA, PUJI INDARTI (2023) PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI EDPUZZLE BERBANTU WHATSAPP GROUP SEBAGAI ALTERNATIF PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BELAJAR MANDIRI DAN MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of skripsi widya puji BAB 1-2-5 Repository.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of skripsi widya puji BAB 1-5 Full..pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Keterampilan belajar mandiri adalah kemampuan siswa untuk mengidentifikasikan sumber pembelajaran, memilih dan melaksanakan strategi pembelajaran yang sesuai dalam proses belajar penuh dengan tanggung jawab. Motivasi belajar merupakan suatu daya, dorongan atau kekuatan, baik yang datang dari diri sendiri maupun dari luar yang mendorong siswa untuk belajar. Kemandirian belajar dan adayanya motivasi belajar sangatlah dibutuhkan dalam pembelajaran daring saat ini. dengan timbulnya motivasi belajar akan menumbuhkan suatu kemadirian belajar. Kemandirian juga dapat dijadikan sebagai salah satu indikator pencapaian keberhasilan dalam upaya untuk mencapai hasil belajar. Berdasarkan prapenelitian yang dilakukan di SMA Negeri 1 Gedong Tataan keterampilan belajar mandiri dan motivasi belajar masih terbilang kurang. Hal ini dikarenakan kurangnya motivasi dalam diri siswa untuk terlibat aktif dalam kegiatan belajar. Pembelajaran daring membuat siswa mudah merasa bosan disamping kurang menariknya media yang digunakan oleh guru dalam mengajar dan kurangnya kontrol link guru menyebabkan siswa malas dalam belajar dan lebih sering mengandalkan jawaban dari teman. Oleh sebab itu, penulis tertarik untuk menggunakan metode yang dapat meningkatkan keterampilan belajar mandiri dan motivasi belajar siswa. Salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan penggunaan Aplikasi Edpuzzle berbantu Whatsapp Group. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) pengaruh penggunaan Aplikasi Edpuzzle berbantu Whatsapp Group dengan pembelajaran model SOLE dalam meningkatkan keterampilan belajar mandiri dan motivasi belajar siswa. (2) pengaruh penggunaan Aplikasi Edpuzzle berbantu Whatsapp Group dengan pembelajaran model SOLE dalam meningkatkan keterampilan belajar mandiri siswa. (3) pengaruh penggunaan Aplikasi Edpuzzle berbantu Whatsapp Group dengan pembelajaran model SOLE dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian menggunakan jenis penelitian Quasi Eksperimental Design, sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 4 dan XI IPA 6 SMA Negeri 1 Gedong Tataan. Pengambilan sampel ii menggunakan teknik Probability Random Sampling. Teknik pengumpulan data berupa angket. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan Uji Multivariate Analysis Of Variance (MANOVA). Berdasarkan hasil perhitungan yang sudah dilakukan nilai dari keterampilan belajar mandiri dan motivasi belajar siswa kurang dari 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh Aplikasi Edpuzzle berbantu Whatsapp Group dengan pembelajaran model SOLE dalam meningkatkan keterampilan belajar mandiri dan motivasi belajar siswa. (2) Terdapat pengaruh Aplikasi Edpuzzle berbantu Whatsapp Group dengan pembelajaran model SOLE dalam meningkatkan keterampilan belajar mandiri siswa. (3) Terdapat pengaruh Aplikasi Edpuzzle berbantu Whatsapp Group dengan pembelajaran model SOLE dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Sehingga dapat disimpulkan adanya pengaruh dari aplikasi edpuzzle berbantu whatsapp group dalam meningkatkan keterampilan belajar mandiri dan motivasi belajar siswa. Kata kunci: Edpuzzle, keterampilan belajar mandiri, motivasi belajar. iii ABSTRACT Self-study skills are the ability of students to identify learning resources, select and implement appropriate learning strategies in the learning process full of responsibility. Learning motivation is a force, motivation or strength, both coming from oneself and from outside that encourages students to learn. Learning independence and the existence of learning motivation are very much needed in online learning today. With the onset of learning motivation will foster a learning environment. Independence can also be used as an indicator of achieving success in an effort to achieve learning outcomes. Based on the pre-research conducted at SMA Negeri 1 Gedong Tataan, the settings of independent learning skills and learning motivation are still somewhat lacking. This is due to the lack of motivation in students to be actively involved in learning activities. Online learning makes it easy for students to feel bored in addition to the lack of interesting media used by teachers in teaching and the lack of teacher link control causing students to be lazy in learning and rely more often on answers from friends. Therefore, the author is interested in using methods that can improve students' self-study skills and learning motivation. One solution to overcome this problem is to use the Whatsapp Group-assisted Edpuzzle Application. The purpose of this study was to determine (1) the influence of using the Whatsapp Group-assisted Edpuzzle Application with SOLE model learning in improving students' independent learning skills and learning motivation. (2) the influence of using the Whatsapp Group-assisted Edpuzzle Application with SOLE model learning in improving students' independent learning skills. (3) the influence of using the Whatsapp Group-assisted Edpuzzle Application with SOLE model learning in increasing student learning motivation. The research used a type of Quasi Experimental Design research, the samples in this study were students of class XI IPA 4 and XI IPA 6 SMA Negeri 1 Gedong Tataan. Sampling using the Probability Random Sampling technique. Data collection techniques in the form of questionnaires. Data analysis in this study used the Multivariate Analysis Of Variance (MANOVA) Test. Based on the results of calculations that have been carried out, the value of independent iv learning skills and student learning motivation is less than 0.05. This shows that (1) There is an influence of the Whatsapp Group-assisted Edpuzzle Application with SOLE model learning in improving students' independent learning skills and learning motivation. (2) There is an influence of the Whatsapp Group-assisted Edpuzzle Application with SOLE model learning in improving students' independent learning skills. (3) There is an influence of the Whatsapp Group-assisted Edpuzzle Application with SOLE model learning in increasing student learning motivation. So it can be concluded that there is an influence from the whatsapp group-assisted edpuzzle application in improving independent learning skills and student learning motivation. Keywords: Edpuzzle, self-study skills, learning motivation

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Mar 2023 06:43
Last Modified: 14 Mar 2023 06:43
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23612

Actions (login required)

View Item View Item