PENGARUH PENDEKATAN STEM(SCIENCE,TECHNOLOGY ENGINEERING AND MATHEMATICS) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMAMPUAN HOTS (HIGH ORDER THINKING SKILLS) PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA

CHONCITA, CAROLINA (2023) PENGARUH PENDEKATAN STEM(SCIENCE,TECHNOLOGY ENGINEERING AND MATHEMATICS) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMAMPUAN HOTS (HIGH ORDER THINKING SKILLS) PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of skripsi choncita carolina .pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Pemahaman konsep merupakan bagian terpenting dalam proses pembelajaran serta dalam memecahkan masalah baik dalam proses belajar itu sendiri maupun dalam lingkungan keseharian serta menguasai materi dalam bentuk teori,rumus,maupun grafik yang diubah dalam bentuk lebih mudah dipahami. Kemampuan HOTS meupakan keterampilan berpikir tingkat tinggi adalah penggunaan pikiran yang luas untuk menemukan tantangan baru yang terdiri dari c4,c5, dan c6. Berdasarkan hasil wawancara di Mts Hidayatul Mubtadiin Kemampuan Pemahaman Konsep dan Kemampuan HOTS masih sangat rendah. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah kurangnya model pembelajaran yang diterapkan . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan STEM terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Kemampuan HOTS peserta didik pada pembelajaran matematika.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Quasy Experimental Design .Populasi pada penelitian ini yaitu peserta didik kelas VIII Mts Hidayatul Mubtadiin, sampel dalam penenelitian ini adalah peserta didik kelas VIII A dan kelas VIII B. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Cluster Random Sampling. Teknik anallisis data yang digunakan adalah uji manova dan diperoleh kesimpulan (1)Terdapat perbedaan pengaruh antara pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematic) dengan model pembelajaran direct instruction terhadap kemampuan HOTS (High Order Thinking Skills) .(2)Terdapat pengaruh pendekatan antara pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematic) dengan model pembelajaran direct instruction terhadap kemampuan pemahaman konsep.(3)Terdapat pengaruh pendekatan antara pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematic) dengan model pembelajaran direct instruction terhadap kemampuan HOTS (High Order Thinking Skills) dan pemahaman konsep. Kata kunci : Pengaruh Pendekatan STEM terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Kemampuan HOTS peserta didik pada pembelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Mar 2023 06:32
Last Modified: 14 Mar 2023 06:32
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23610

Actions (login required)

View Item View Item