TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP JUAL BELI HEWAN KURBAN DENGAN SISTEM PENYUNTIKAN (Studi Pada Pertenakan Hewan Bapak Buang Wayhalim Bandar Lampung )

ALDO, DWI SAPUTRA (2023) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP JUAL BELI HEWAN KURBAN DENGAN SISTEM PENYUNTIKAN (Studi Pada Pertenakan Hewan Bapak Buang Wayhalim Bandar Lampung ). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI ALDO DWI SAPUTRA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Praktik jual beli hewan dengan sistem suntikan di peternakan Bapak Buang ini menimbulkan persepsi konsumen terhadap prosedur penjualan huwan qurban, yang mana setiap hari peternakan Bapak Buang selalu rutin untuk memberikan suntikan yang mana berfungsi untuk menambah berat badan hewan agar siap untuk diKurbankan. Rumusan masalah dalam penelitian ini ialah 1) bagaimana praktik jual beli hewan Kurban dengan sistem suntikan di Pertenakan Hewan Bapak Buang Wayhalim Bandar Lampung? 2) Bagaimana tinjauan hukum Islam dalam jual-beli hewan qurban dengan sistem suntikan di Pertenakan Hewan Bapak Buang Wayhalim Bandar Lampung? Adapun tujuan dari penelitian ini ialah 1) Untuk mengetahui Bagaimana praktik jual beli hewan qurban dengan sistem suntikan di Pertenakan Hewan Bapak Buang Wayhalim Bandar Lampung 2) Untuk mengetahui Bagaimana tinjauan hukum Islam dalam jual beli hewan qurban dengan sistem suntikan di Pertenakan Hewan Bapak Buang Wayhalim Bandar Lampung. Metode penelitian ini adalah penelitian lapangan, yang bersifat deskriptif analisis, dengan analisis sumber data yaitu data primer yang diperoleh dari wawancara kepada pemilik peternakan hewan Kurban dengan sistem suntikan dan pembeli hewan Kurban di peternakan tersebut, data sekunder yang diperoleh dari buku-buku yang relevan dengan penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini ialah bapak Buang selaku pemilik peternakan serta konsumen di peternakan Bapak Buang Wayhalim Bandar Lampung. Analisis dengan melakukan analisis kualitatif dengan menggunakan metode cara berfikir induktif. Hasil dari penelitian ini ialah Praktik jual beli hewan Kurban dengan sistem suntikan di peternakan bapak Buang bahwa kedua belah pihak yang melakukan transaksi jual beli tersebut sama-sama orang yang berakal dan baligh. Dilihat dari segi ekonomi, pihak peternak memberi kisaran harga standar kemudian dari segi objek atau barang yang diperjualbelikan tersebut juga sudah memenuhi syarat objek dalam jual beli, setelah dianalisis berdasarkan rukun dan syarat jual beli di iii antaranya; orang yang melakukan jual beli sudah baligh dan berakal, adanya objek yang diperjualbelikan, kemudian pengucapan ijab qabul yang jelas dan diterima oleh kedua belah pihak yang bersangkutan. Sedangkan, penyuntikkan yang dilakukan di peternakan bapak Buang secara rutin bertujuan agar hewan tersebut sehat, serta memenuhi bobot yang telah dianjurkan. Cairan yang terdapat di dalam vaksin tersebut sudah dinyatakan halal dibuktikan dengan logo atau surat�surat yang mendukung dari Majelis Ulama Indonesia, serta tidak mengandung bahan-bahan yang dapat membahayakan hewan. maka dapat di katakan bahwa praktek jual beli hewan Kurban dengan sistem suntikkan di Peternakan Bapak Buang Gunung Sulah Kecamatan Way Halim Kota Bandar Lampung diperbolehkan dan dinyatakan sah menurut hukum Islam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Mar 2023 04:43
Last Modified: 14 Mar 2023 04:43
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23608

Actions (login required)

View Item View Item