PANDANGAN HUKUM ISLAM TENTANG NIKAH SIRI DAN PENGARUHNYA TERHADAP KELUARGA (Studi Kasus Desa Rangai Tri Tunggal Kecamatan Katibung Kabupaten Lampung Selatan)

Asep, Irama (2023) PANDANGAN HUKUM ISLAM TENTANG NIKAH SIRI DAN PENGARUHNYA TERHADAP KELUARGA (Studi Kasus Desa Rangai Tri Tunggal Kecamatan Katibung Kabupaten Lampung Selatan). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT 1 2 ASEP.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK ASEP.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Nikah siri adalah pernikahan yang rukun dan syaratnya terpenuhi, namun dilakukan secara rahasia dan umumnya tanpa dicatat oleh pegawai pencatat nikah yang ditugaskan oleh Kantor Urusan Agama (KUA). Nikah siri dapat mempengaruhi beberapa aspek kehidupan rumah tangga seperti permasalahan harta bersama ketika terjadi perceraian maupun mengajukan gugatan kepengadilan terkait masalah rumah tangga. Berdasarkan hal tersebut peneliti tertarik mengkaji tentang bagaimana pandangan hukum Islam tentang nikah siri dan pengaruhnya terhadap keluarga. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah bagaimana pandangan hukum Islam tehadap nikah siri dan bagaimana pengaruh nikah siri terhadap keluarga. Tujuan penelitian skripsi ini untuk mengetahui nikah siri dalam pandangan hukum Islam dan untuk mengetahui pengaruh nikah siri dalam keluarga. Jenis penelitian dalam skripsi ini menggunakan penelitian lapangan (field research). penelitian lapangan adalah penelitian yang mengangkat data dan permasalahan yang ada dalam kehidupan masyarakat. Dalam hal ini menjelaskan realitas yang ada tentang Pandangan Hukum Islam Tentang Nikah Siri dan Pengaruhnya Terhadap Keluarga Studi Kasus Desa. Rangai Tri Tunggal Kecamatan Katibung Kabupaten Lampung Selatan. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Wawancara, Observasi dan Dokumentasi. Analisis yang dilakukan berdasarkan metode analisis kualitatif dengan cara menguraikan dan merinci kalimat�kalimat sehingga dapat ditarik kesimpulan yang jelas mengenai nikah siri dan pengaruhnya terhadap keluarga. Kesimpulan dari penelitian ini adalah nikah siri dinilai sah secara agama jika memenuhi syarat dan rukun perkawinan tetapi tetap tidak sah menurut hukum Negara. Nikah siri berpengaruh terhadap kehidupan berkeluarga dan bermasyarakat. Nikah siri mengakibatkan pelakunya cenderung menutup diri dan enggan bersosialisasi dengan masyarakat. Selain itu, pelaku nikah siri juga merasakan kurangnya kedekatan emosional antar anggota keluarga.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga)
Divisions: Fakultas Syariah > Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Mar 2023 04:23
Last Modified: 14 Mar 2023 04:23
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23602

Actions (login required)

View Item View Item