ANALISIS DAMPAK POLIGAMI SIRI TERHADAP KEHARMONISAN KELUARGA POLIGAMI PERSPEKTIF HUKUM KELUARGA ISLAM (Studi Di Kampung Gunung Batin Udik Kecamatan Terusan Nunyai Kabupaten Lampung Tengah

Dani, Andika (2023) ANALISIS DAMPAK POLIGAMI SIRI TERHADAP KEHARMONISAN KELUARGA POLIGAMI PERSPEKTIF HUKUM KELUARGA ISLAM (Studi Di Kampung Gunung Batin Udik Kecamatan Terusan Nunyai Kabupaten Lampung Tengah. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Agama Islam telah mengatur secara sempurna tentang masalah perkawinan. Salah satu bentuk perkawinan yang sering diperbincangkan dalam masyarakat muslim adalah poligami. Poligami adalah ikatan perkawinan yang salah satu pihak (suami) mengawini beberapa (lebih dari satu) isteri dalam waktu yang besamaan. Hukum Islam acapkali mengalami kesulitan untuk selalu mempertahankan nilai keharmonisannya dalam beberapa kasus yang dihadapi seperti dalam kasus nikah Siri. Dalam pandangan hukum Islam, nikah siri tidak dicatatkan hukumnya adalah sah karena sesuai dengan unsur-unsur yang harus dipenuhi yakni adanya syarat dan rukun. Kecamatan Terusan Nunyai terutama di Kampung Gunung Batin Udik masih terdapat masyarakat yang melakukan nikah Siri dalam praktek poligami, yang mana ada dampak terhadap keharmonisan rumah tangga. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana praktik dan dampak nikah siri terhadap keharmonisan keluarga poligami di Kampung Gunung Batin Udik Kecamatan Terusan Nunyai dan bagaimana pandangan hukum Islam terhadap praktik dan dampak nikah siri terhadap keharmonisan keluarga poligami di Kampung Gunung Batin Udik Kecamatan Terusan Nunyai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui praktik dan dampak nikah siri terhadap keharmonisan keluarga poligami di Kampung Gunung Batin Udik Kecamatan Terusan Nunyai. Untuk mengetahui pandangan hukum Islam terhadap praktik dan dampak nikah siri terhadap keharmonisan keluarga poligami di Kampung Gunung Batin Udik Kecamatan Terusan Nunyai. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang dilakukan pada bebrapa narasumber di Kampung Gunung Batin Udik Kecamatan Terusan Nunyai. Sumber data yang penulis gunakan adalah terdiri dari sumber data Primer yaitu data data yang diperoleh dari hasil wawancara, observasi dan dokumentasi dan sumber data sekunder yaitu data yang diperoleh melalui penelaahan buku buku yang berkaitan dan menunjang penelitian ini. Setelah data terkumpul penulis melakukan analisa data dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Perkawinan siri dalam keluarga poligami yang terjadi pada 8 (delapan) pasang suami istri di Kampung Gunung Batin Udik menurut pandangan hukum Islam tidak sesuai dengan prinsip keharmonisan keluarga. Menurut pandangan hukum Islam seharusnya suami mendapat persetujuan istri, dapat memberikan nafkah terhadap istri-istrinya secara adil, ada keterbukaan dan saling menghargai antara suami istri. Menurut pandangan hukum Islam keluarga seharusnya bisa mencurahkan segala rasa sayang, kasih dan cintanya. Bila semua rasa ini bisa dibagi dan diberikan kepada seluruh keluarga, maka ketenteraman, kebahagian dan kedamaian didalam keluarga di Kampung Gunung Batin Udik akan terwujud (sakīnah mawaddah warahmah). Kata Kunci : Poligami, Perkawinan Siri, Keharmonisan Keluarga Islam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga)
Divisions: Fakultas Syariah > Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Mar 2023 02:43
Last Modified: 14 Mar 2023 02:43
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23595

Actions (login required)

View Item View Item