MANAJEMEN PEMASARAN PRODUK MURABAHAH BMT ADZKIYA KHIDMATUL UMMAH, DESA SUKARAJA KECAMATAN GEDONG TATAAN KABUPATEN PESAWARAN

RAHMAT, FADLI (2023) MANAJEMEN PEMASARAN PRODUK MURABAHAH BMT ADZKIYA KHIDMATUL UMMAH, DESA SUKARAJA KECAMATAN GEDONG TATAAN KABUPATEN PESAWARAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1 BAB 5 DAPUS.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of RAHMAT FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK MANAJEMEN PEMASARAN PRODUK MURABAHAH BMT ADZKIYA KHIDMATUL UMMAH, DESA SUKARAJA KECAMATAN GEDONG TATAAN KABUPATEN PESAWARAN Oleh Rahmat Fadli Manajemen pemasaran merupakan proses yang dilakukan oleh individu atau perusahaan, kegiatan usaha dan pendistribusian barang atau jasa kepada anggota atau nasabah perusahaannya, supaya tercapai tujuan yang telah ditetapkansebelumnya. Penerapan fungsi manajemen pemasaran merupakan faktor pentingyang harus ada, proses ini meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan atau pengendalian. Bmt Adzkiya Khidmatul Ummah merupakan lembaga keuangan dengan kegiatan utama dalam bidang tamwil dan maal, BMTmengembangkan usaha-usaha produktif dan investasi, menerima titipan zakat, infak, dan sedekah lalu menyalurkannya sesuai peraturan dan amanat. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus (case study). Dalam pengambilan hasil penelitian peneliti menggunakan snow ball sampling atau teknik pengambilan sampel dari jumlah kecil makin lama makin besar dan berhenti saat informasi dinilai cukup. Sumber data berdasarkan data primer dan sekunder. Data dan informasi diperoleh dari narasumber dengan menggunakan metode wawancara(interview) terstruktur, dokumentasi dan analisis data. Proses analisis data yang peneliti lakukan ini bersifat induktif yaitu mengumpulkan informasi khusus yang dibutuhkan menjadi satu kesatuan data.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan fungsi manajemen dalam memasarkan produk pembiayaan murabahah yang dijalankan Manajemen Pemasaran Produk Murabahah Bmt Adzkiya Khidmatul Ummah, Desa Sukaraja Kecamatan Gedong Tataan Kabupaten Pesawaran. Berdasarkan hasil yang diperoleh peneliti, bahwa proses penerapan fungsi manajemen dalam memasarkan produk pembiayaan iv murabahah Bmt Adzkiya Khidmatul Ummah yaitu: pada aspek Perencanaan; konsep perencanaan pengurusdari orang-orang kompeten didekat lokasi BMT, konsep perencanaan pelayanan anggota dengan sistem komputerisasi, perencanaan pengawasan dengan laporanharian, perencanaan pemberian intensif sesuai tugas dan kinerja pengurus. Pada aspek Pengorganisasian; memilih, menempatkan dan memberikan tugas pengurussesuai kebutuhan, tidak melihat kualifikasi pendidikan pengurus namun melihat kemampuan pengurus. Pada aspek Pelaksanaan; dilakukan dengan memberikan brosur bagi anggota yang datang kekantor, memberikan kemudahan transaksi, menjaga nama baik dengan sistem kekeluargaan yang diwujudkan melalui silaturahmi oleh pengurus dan anggota. Pada aspek Pengawasan; menggunakan metode concurrent control. Metode concurrent control diterapkan untuk seluruh anggota dengan membuat laporan harian kerja anggota saat berada didalam dan diluar kantor. Kata Kunci: Manajemen Pemasaran dan Produk Murabahah

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 Mar 2023 07:00
Last Modified: 13 Mar 2023 07:00
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23588

Actions (login required)

View Item View Item