TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTIK JUAL BELI BARANG HASIL SITAAN (Studi di Lembaga Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Bandar Lampung)

ILHAM, SABRIALDI (2023) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTIK JUAL BELI BARANG HASIL SITAAN (Studi di Lembaga Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI ILHAM SABRIALDI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

ABSTRAK Jual Beli merupakan salah satu Sistem Ekonomi yang dapat dilakukan oleh manusia untuk mendapatkan harta atau barang yang diinginkan tanpa harus merugikan salah satu pihak dari kedua pihak yang melakukan Jual Beli yaitu pedagang dan pembeli. Karenanya, Jual Beli itu merupakan perbuatan yang mulia dan pelakunya mendapat keridhoan Allah swt. Dalam Pelaksanaan Jual Beli barang lelang dilakukan oleh Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) yang merupakan Instansi Kementerian Keuangan Republik Indonesia yang salah satu tugasnya menyelenggarakan lelang eksekusi, lelang non eksekusi wajib serta lelang sukarela. Permasalahan pada Skripsi ini adalah Mengenai Praktik Jual Beli yang dilakukan oleh Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) yang masih banyak belum diketahui oleh masyarakat khususnya yang menjadi Pembeli di Lembaga Tersebut serta Tinjauan Hukum Islam Terhadap Praktik tersebut. Tujuan Skripsi ini adalah untuk mengetahui Praktik Jual Beli Barang Sitaan yang dilakukan oleh Lembaga Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Bandar Lampung serta Bagaimana Tinjauan Hukum Islam Terhadap Praktik tersebut. Metode yang digunakan dalam pembahasan ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang berdasarkan faktualnya data peneliti dengan cara lapangan (field research) di Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Bandar Lampung dengan Sumber Data Primer yang dikumpulkan dengan melakukan wawancara langsung kepada Karyawan di KPKNL Bandar Lampung dan Masyarakat sebagai Pembeli. Untuk teknik analisis data menggunakan pendekatan yang bersifat induktif.. Berdasarkan kesimpulan penulis terhadap penelitian ini dapat diketahui bahwa Pelaksanaan lelang dilakukan oleh pejabat lelang dari KPKNL. Barang yang dilelang di KPKNL Bandar Lampung ini berasal dari Pemohon yang bisa diajukan oleh : Perorangan, UMKM, Perusahaan, Bank, Pengadilan, dan Kejaksaan yang dimana terdiri dari barang bergerak dan tidak bergerak, umumnya seperti kendaraan iii roda dua dan empat, barang inventaris kantor serta tanah dan bangunan yang dimana semua barang tersebut sudah di periksa dengan baik Mengenai asal dan kelayakan barang yang akan di Lelang di KPKNL Bandar Lampung yang dilaksanakan dengan mekanisme melalui virtual account serta e-auction (lelang tanpa kehadiran peserta) sejak tahun 2015. Pelaksanaan lelang di KPKNL secara implisit sudah sesuai dengan rukun dan syarat jual beli di Fiqh muamalah, serta menerapkan beberapa panduan dan kriteria untuk mencegah adanya penyimpangan syariat dan pelanggaran Hak, norma dan etika dalam praktik lelang. Kata Kunci : Hukum Islam, Jual Beli, Barang Sitaan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 Mar 2023 04:26
Last Modified: 13 Mar 2023 04:26
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23581

Actions (login required)

View Item View Item