PERSPEKTIF HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTIK PEMBERIAN IMBALAN ATAS DASAR CAPAIAN POINT (Studi Pada Agen Health Wealth Internasional di Perum HousingBandar Mataram, Lampung Tengah)

RISCYA, PUSPITA ANGGRAINI (2023) PERSPEKTIF HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTIK PEMBERIAN IMBALAN ATAS DASAR CAPAIAN POINT (Studi Pada Agen Health Wealth Internasional di Perum HousingBandar Mataram, Lampung Tengah). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of cover bab 1+bab 5&dapus.pdf] PDF
Download (16MB)
[thumbnail of full skripsi.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (20MB)

Abstract

ABSTRAK Praktik pemberian imbalan atas dasar capaian poin yang diberikan kepada agen dan reseller Health Wealth Internasional di Perum Housing, Kecamatan Bandar Mataram, Kabupaten Lampung Tengah adalah penghasilan yang di dapat berdasarkan akumulasi poin setiap bulannya Sistem pengupahan yang terdapat dalam praktik pengupahan ini yaitu, Memberikan poin pada setiap produk yang dibelanjakan perbulannya. Imbalan dapat dicairkan apabila seorang agen atau reseller berhasil tutup poin paling kecil 250 PV dalam sebulan. Sementara jika tidak dapat tutup poin dalam jangka waktu sebulan terhitung dari tanggal 1 awal bulan sampai berakhirnya tanggal di bulan itu, maka agen dan reseller tidak akan mendapatkan imbalan komisi di bulan tersebut sebab poin yang telah dikumpulkan hangus per tiga bulan. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana praktik pemberian imbalan atas dasar capaian poin pada agen dan reseller HWI di Perum Housing dan bagaimana perspektif hukum Islam tentang praktik pemberian imbalan kepada agen dan reseller HWI di Perum Housing. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana praktik pemberian imbalan atas dasar capaian point pada agen Health Wealth Internasional di Perum Housing, Bandar Mataram, Lampung Tengah dan untuk mengetahui bagaimana perspektif hukum Islam tentang praktek pemberian imbalan atas dasar capaian poin tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan (field Research) yang bersifat deskriptif analisis, menggunakan sumber data primer dan sekunder, menggunakan objek penelitian, metode pengumpulan data melalui wawancara, dokumentasi dan Teknik pengolahan yang digunakan adalah pemeriksaan data, selanjutnya dianalisis menggunakan data kualitatif dengan cara berfikir induktif. Berdasarkan hasil penelitian, praktik pemberian imbalan atas dasar capaian poin ini memiliki sistem pengupahan yaitu, akumulasi poin yang dikumpulkan per bulannya. Penetapan jumlah imbalan yang diberikan berdasarkan pengumpulan poin perbulannya. Namun dalam pelaksanaannya, perusahaan tidak memberikan imbalan poin apabila iii agen dan reseller tidak mampu tutup poin per bulannya. Jadi dapat dikemukakan bahwa praktik pemberian imbalan atas dasar capaian poin ini tidak sesuai menurut kacamata ekonomi Syariah karena, jika dilihat dari kesepakatan yang dilakukan di awal oleh kedua belah pihak setidaknya agen dan reseller mendapatkan penghargaan terhadap penjualan barang yang telah dilakukan. Sedangkan dari perspektif hukum Islam terhadap praktek tersebut telah memenuhi syarat yaitu waktu pembayarannya sudah jelas. Tetapi pihak yang tidak mampu melakukan tutup poin tidak mendapatkan imbalan tersebut. Maka, praktik pemberian imbalan atas dasar capaian poin ini tidak diperbolehkan karena tidak sesuai dengan hukum Islam. Kata Kunci: Health Wealth Internasional, imbalan, capaian point

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 Mar 2023 03:56
Last Modified: 13 Mar 2023 03:56
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23577

Actions (login required)

View Item View Item