MODEL PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH (Study Pemikiran Prof.Dr.Muhaimin.,M.A)

RATIH, FADILA NINGSIH (2023) MODEL PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH (Study Pemikiran Prof.Dr.Muhaimin.,M.A). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI RATIH FADILA NINGSIH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Dunia pendidikan memang selalu dinamis terus mengalami perubahan-perubahan menuju kesempurnaannya, baik dalam beradaptasi dengan ruang dan waktu dalam mengitarinnya, maupun untuk mempersiapkan diri dengan masa yang akan datang.. Pada dasarnya kurikulum memiliki fungsi sebagai pedoman dalam pelaksanaan proses pembelajaran, baik di sekolah bahkan perguruan tinggi. Tidak dapat dipungkiri kebutuhan kurikulum dalam pelaksanaan pembelajaran pada era milenial menjadi berkembang mengikuti kebutuhan zaman. . Dalam Islam sendiri, sangat mendukung adanya gerakan perubahan serta pengembangan kearah positif, hal ini merupakan kunci kemajuan dan perbaikan. Untuk itu sangat diperlukan berbagai pembaharuan atau pengembangan dalam bidang kurikulum agar sesuai dengan kebutuhan tujuan pendidikan. Berdasarkan masalah tersebut rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana konsep dan model pengembangan kurikulum pendidikan agama islam. Penelitian ini akan memaparkan model pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Madrasah (study pemikiran Prof. Dr. Muhamin, MA). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan (Library Research), yaitu observasi yang menitikberatkan pembahasannya pada referensi- referensi baik berupa buku, jurnal maupun terbitan lainnya. Tujuan dan fokus penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana memaparkan bagaimanakonsep pengembangan kurikulum PAI menurut Prof. Dr. H. Muhaimin M.A dan bagaimana model pengembangan kurikulum pendidikan agama Islam di madrasah menurut Prof. Dr. H. Muhaimin, M.A. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Muhaimin, membagi fungsi kurikulum kedalam beberapa subjek yang berperan dalam kegiatan pendidikan, diantaranya: a) bagi sekolah yang bersangkutan, b) bagi sekolah/madrasah di atasnya, c) bagi masyarakat yaitu sebagai pengguna lulusan (users). Menurut Muhaimin dalam pengembangan kurikulum pendidikan agama Islam dapat menggunakan pendekatan ekletik, yakni dapat memilih yang terbaik dari keempat pendekatan di iii bawah ini, yang sesuai dengan karakteristiknya. Pendekatan tersebut di antaranya, yaitu: a) pendekatan subjek, b) pendekatan humanistis, c) pendekatan teknologis, d) pendekatan rekonstruksi sosial. Sedangkan dalam model pengembangan kurikulum pendidikan Islam Muhaimin menawarkan model pengembangan kurikulum berbasis peningkatan kualitas di madrasah dengan menggunakan dua alternatif yaitu model pengembangan kurikulum berbasis kompetensi dan berbasis life skill.dan model pengembangan kurikulum berbasis kompetensi di Perguruan Tinggi Agama Islam. Kata kunci: Pengembangan, Kurikulum dan Pendidikan Agama Islam iv ABSTRACT The world of education is always dynamic and continues to experience changes towards perfection, both in adapting to space and time in surrounding it, as well as to prepare for the future. Basically the curriculum has a function as a guide in the implementation of the learning process, both at school and even at school. College. It is undeniable that the curriculum needs in the implementation of learning in the millennial era are developing according to the needs of the times. . In Islam itself, strongly supports the movement of change and development in a positive direction, this is the key to progress and improvement. For this reason, various reforms or developments in the curriculum are needed to suit the needs of educational goals. Based on these problems, the formulation of the research problem is how the concept and model of developing Islamic religious education curriculum is. This research will describe the development model of Islamic Religious Education Curriculum in Madrasah (study of thinking of Prof. Dr. Muhamin, MA). The type of research used is library research, namely observation that focuses on the discussion of references inthe form of books, journals and other publications. The purpose and focus of this research is to find out how to explain how the concept of PAI curriculum development according to Prof. Dr. H. Muhaimin M.A and how the model for developing Islamic religious education curriculum in madrasas according to Prof. Dr. H. Muhaimin, M.A. The results of this study indicate that Muhaimin, divides the function of the curriculum into several subjects that play a role in educational activities, including: a) for the school concerned, b) for schools/madrasah above, c) for the community, namely as users of graduates (users). According to Muhaimin, in developing the Islamic religious education curriculum, an eclectic approach can be used, which is to choose the best of the four approaches below, which are in accordance with their characteristics. These approaches include: v a) subject approach, b) humanistic approach, c) technological approach, d) social reconstruction approach. Meanwhile, in the Islamic education curriculum development model, Muhaimin offers a quality improvement-based curriculum development model in madrasas using two alternatives, namely competency-based and life�skill-based curriculum development models and competency-based curriculum development models in Islamic Higher Education. Keywords: Development, Curriculum and Islamic Religious Education

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Perbandingan Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 Mar 2023 03:22
Last Modified: 13 Mar 2023 03:22
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23571

Actions (login required)

View Item View Item