ANALISIS SIYÂSAH TANFȊŻIYYAH TERHADAP IMPLEMENTASI PERATURAN BUPATI NOMOR 37 TAHUN 2014 TENTANG RENCANA INDUK PENGEMBANGAN SISTEM PENYEDIAAN AIR MINUM (Studi PDAM Way Agung Kabupaten Tanggamus)

PITRA, Uzer (2023) ANALISIS SIYÂSAH TANFȊŻIYYAH TERHADAP IMPLEMENTASI PERATURAN BUPATI NOMOR 37 TAHUN 2014 TENTANG RENCANA INDUK PENGEMBANGAN SISTEM PENYEDIAAN AIR MINUM (Studi PDAM Way Agung Kabupaten Tanggamus). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI PERPUS.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Penyelenggaraan air minum merupakan tanggung jawab Pemerintah Daerah sesuai dengan kebijakan otonomi daerah yang diterapkan, namun Pemerintah Pusat dapat memberikan dukungan sehingga tujuan yang terdapat dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2004 dapat tercapai yaitu terciptanya pengelolaan dan pelayanan air minum yang berkualitas dengan harga terjangkau, tercapainya kepentingan yang seimbang antara konsumen dan penyedia jasa pelayanan serta meningkatnya efisiensi dan cakupan pelayanan air minum. Dalam kajian Islam, pembentukan serta perancangan suatu peratuan atau perundang-undangan secara spesifik merupakan salah satu kajian dari fiqh siyâsah dustȗriyyah. Siyâsah dustȗriyyah adalah bagian kecil dari banyaknya kajian fiqh siyâsah yang membahas masalah perundang-undangan negara. Dalam bagian ini dibahas antara lain konsep-konsep konstitusi (undang-undang dasar negara dan sejarah lahirnya perundang-undangan dalam suatu negara), legislasi (bagaimana cara perumusan undang-undang), lembaga demokrasi dan syura yang merupakan pilar penting dalam perundang-undangan tersebut. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1). Bagaimana pengembangan sistem penyediaan air minum terkait dengan implementasi Peraturan Bupati Nomor 37 Tahun 2014 Tentang Rencana Induk Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum di Kabupaten Tanggamus. 2). Bagaimana tinjauan fiqh siyâsah tanfȋżiyyah terhadap Peraturan Bupati Nomor 37 Tahun 2014 Tentang Rencana Induk Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum di Kabupaten Tanggamus. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat bersifat deskriptif serta menggunakan metode berfikir metode berfikir induktif. Yaitu suatu metode berfikir induktif ini adalah fakta-fakta yang sifatnya khusus atau peristiwaperistiwa yang konkrit, kemudian dari peristiwa tersebut ditarik generalisasi yang bersifat umum. Hasil penelitian yang peneliti lakukan terhadap PERBUP tersebut bahwa secara regulasi yang merujuk kepada Peraturan Bupati No. 37 Tahun 2014 Tentang Rencana Induk Pengembangan Sistem iv Penyediaan Air Minum (RI-SPAM) Kabupaten Tanggamus Tahun 2014-2034 secara birokrasi telah sesuai antara isi PERBUP dan pelaksanaan yang telah berjalan. Namun, terdapat permasalahan non perpipaan dan perpipaan. Dan dalam hal ini dengan dilaksanakannya PERBUP ini, maka terwujudlah apa yang dimisikan Pemerintah Kabupaten Tanggamus dalam memenuhi kebutuhan air yang bersih, cukup dan memadai, oleh karena itu berdasarkan fakta-fakta yang telah diuraikan di atas maka pelaksanaan PERBUP di atas sudah sesuai dengan fiqh siyâsah dustȗriyyah, dengan alasan bahwa di mana pemerintah kabupaten telah melakukan serta merencanakan suatu kemaslahatan yaitu memastikan ketersediaan air minum bagi warganya. Karena mewujudkan kemaslahatan merupakan salah satu tugas pokok dari pemerintah pusat, kota dan daerah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 Mar 2023 03:00
Last Modified: 13 Mar 2023 03:00
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23570

Actions (login required)

View Item View Item