TINJAUAN FIQIH SIYASAH TERHADAP HAK-HAK NARAPIDANA PEREMPUAN (Studi Pada Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas II A Bandar Lampung)

IIS, HIKMAWATI (2023) TINJAUAN FIQIH SIYASAH TERHADAP HAK-HAK NARAPIDANA PEREMPUAN (Studi Pada Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas II A Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS 1 2.pdf] PDF
Download (7MB)
[thumbnail of SKRIPSI IIS HIKMAWATI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Tindak Pidana merupakan gejala sosial yang senantiasa dihadapi oleh setiap masyarakat. Saat seorang narapidana menjalani vonis yang dijatukan oleh pengadilan, maka hak-hak sebagai warga negara akan dibatasi ruang geraknya karena ditempatkan di Lemabaga Pemasyarakatan. Tetapi masih ada hak-hak narapidana khususnya perempuan yang harus dilindungi dalam sistem Pemasyarakatan Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemenuhan hak-hak narapidana perempuan ditinjau dari UU No 22 Tahun 2022 tentang pemasyarakatan dan bagaimana tinjauan Fiqih Siyasah terhadap hak-hak narapidana perempuan pada Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas II A Bandar Lampung. Adapun rumusan masalah dalam Skripsi ini adalah bagaimana pemenuhan hak-hak narapidana perempuan pada Lembaga Pemasyarakatan Perempuan kelas II A Bandar Lampung dan bagaimana Tinjauan Fiqih Siyasah terhadap hak-hak narapidana perempuan kelas II A Bandar Lampung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemenuhan hak-hak narapidana perempuan pada Lembaga Pemasyarakatan Perempuan kelas II A Bandar Lampung dan untuk mengetahui Tinjauan Fiqih Siyasah terhadap hak-hak narapidana perempuan pada Lembaga Pemasyarakatan Perempuan kelas II A Bandar Lampung. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Data yang digunakan yaitu menggunakan data primer dan sekunder. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan wawancara. Teknik pengelolaan data dilakukan dengan cara pemeriksaan data (editing), klasifikasi, interprestasi dan sistematisasi data (systematizing). Metode analisis data yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan proses berfikir induktif, sehingga mempermudah dalam membuat kesimpulan dari penelitian ini. Dari uraian yang telah dijelaskan, maka Penulis mengambil kesimpulan bahwa hak-hak narapidana yang berada di Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas II A Bandar Lampung sudah terpenuhi dalam hal kesehatan, keamanan dan hak-hak lain seperti cuti iii bersyarat, cuti menjelang bebas dan mendapatkan kunjungan, dan tinjauan Fiqih Siyasah terhadap hak-hak narapidana perempuan pada Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas II A Bandar Lampung sudah sesuai, dengan terpenuhinya Hifz al-nafsi (memelihara jiwa) dalam Maqoshid Syari’ah, dan penerapan Siyasah Tanfidziyah sudah terpenuhi dengan di berlakukanya Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2022 Tentang Pemasyarakatan. Kata kunci: Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas II A Bandar Lampung, Fiqih Siyasah, Hak Narapidana Perempuan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 09 Mar 2023 07:12
Last Modified: 09 Mar 2023 07:12
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23553

Actions (login required)

View Item View Item