Saputra, Meki
(2017)
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE
PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR FIQIH
PESERTA DIDIK KELAS IV MIN 6 BANDAR LAMPUNG
TAHUN PELAJARAN 2016/2017.
Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi oleh kenyataan di lapangan yang
menunjukan bahwa dalam proses pembelajaran ditemukan beberapa
permasalahan. Peserta didik kurang memahami pembelajaran Fiqih karena
pembelajaran masih terpusat pada guru dan peserta didik kurang dilibatkan dalam
pembelajaran. Kondisi demikian kurangnya kemampuan peserta didik terhadap
hasil belajar. Rumusan masalah yang dikemukakan adalah apakah Apakah model
pembelajaran kooperatif tipe picture and picture berpengaruh terhadap hasil
belajar fiqih pada siswa kelas IV MIN 6 Bandar Lampung tahun pelajaran
2016/2017.
Penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif Quasi Eksperimen.
Penelitian ini menggunakan 2 kelas, kelas VI A sebagai kelas Eksperimen dan
kelas VI B, dan VI C sebagai kelas Kontrol. Alat pengumpulan data
menggunakan tes dan dokumentasi.
Berdasarkan pembahasan secara teoritis maupun data hasil penelitian
diperoleh kesimpulan bahwa penelitian menunjukan bahwa Apakah model
pembelajaran kooperatif tipe picture and picture berpengaruh terhadap hasil
belajar fiqih pada siswa kelas IV MIN 6 Bandar Lampung tahun pelajaran
2016/2017. Hal ini disesuaikan dengan perhitungan yang menggunakan analisis
Uji t. Penelitian telah melakukan perhitungan dengan menggunakan Uji t yang
hasilnya t.hitung 13,52576 > t.tabel 2,00488 sehingga H0 ditolak, terdapat pengaruh
model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture berpengaruh terhadap
hasil belajar fiqih pada siswa kelas IV MIN 6 Bandar Lampung tahun pelajaran
2016/2017.
Kata Kunci : Metode Mpembelajaran Kooperatif Tipe Picture And Picture,
Hasil Belajar Fiqih Pada Siswa Kelas IV MIN 6 Bandar Lampung
Actions (login required)
 |
View Item |