PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR FIQIH PESERTA DIDIK KELAS IV MIN 6 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Saputra, Meki (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR FIQIH PESERTA DIDIK KELAS IV MIN 6 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh kenyataan di lapangan yang menunjukan bahwa dalam proses pembelajaran ditemukan beberapa permasalahan. Peserta didik kurang memahami pembelajaran Fiqih karena pembelajaran masih terpusat pada guru dan peserta didik kurang dilibatkan dalam pembelajaran. Kondisi demikian kurangnya kemampuan peserta didik terhadap hasil belajar. Rumusan masalah yang dikemukakan adalah apakah Apakah model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture berpengaruh terhadap hasil belajar fiqih pada siswa kelas IV MIN 6 Bandar Lampung tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif Quasi Eksperimen. Penelitian ini menggunakan 2 kelas, kelas VI A sebagai kelas Eksperimen dan kelas VI B, dan VI C sebagai kelas Kontrol. Alat pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Berdasarkan pembahasan secara teoritis maupun data hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa penelitian menunjukan bahwa Apakah model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture berpengaruh terhadap hasil belajar fiqih pada siswa kelas IV MIN 6 Bandar Lampung tahun pelajaran 2016/2017. Hal ini disesuaikan dengan perhitungan yang menggunakan analisis Uji t. Penelitian telah melakukan perhitungan dengan menggunakan Uji t yang hasilnya t.hitung 13,52576 > t.tabel 2,00488 sehingga H0 ditolak, terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture berpengaruh terhadap hasil belajar fiqih pada siswa kelas IV MIN 6 Bandar Lampung tahun pelajaran 2016/2017. Kata Kunci : Metode Mpembelajaran Kooperatif Tipe Picture And Picture, Hasil Belajar Fiqih Pada Siswa Kelas IV MIN 6 Bandar Lampung

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 21 Nov 2017 03:05
Last Modified: 21 Nov 2017 03:05
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2355

Actions (login required)

View Item View Item