PENGEMBANGAN BUKU SAKU BAHASA LAMPUNG DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA KELAS II SD/MI

KARIMA, MANISA (2023) PENGEMBANGAN BUKU SAKU BAHASA LAMPUNG DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA KELAS II SD/MI. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL KARIMA MANISA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berupa Buku Saku Pembelajaran Bahasa Lampung, dengan menggunakan buku saku dapat memperoleh informasi tanpa banyak membuang waktu dan bisa dibawa kemana-mana agar tercapai pembelajaran yang efektif dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan media buku saku pembelajaran bahasa lampung. (2) mengetahui kelayakan buku saku pembelajaran bahasa lampung sebagai media pembelajaran. (3) mengetahui respon peserta didik terhadap buku saku pembelajaran Bahasa Lampung. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE. Subyek penelitian ini adalah peserta didik MIN 4 Bandar Lampung dan SDN 2Way Dadi. Data penelitian ini diperoleh dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian berdasarkan angket Validasi pada pengembangan buku saku bahasa Lampung terdiri dari tiga tim yaitu tim ahli materi, tim ahli bahasa dan tim ahli media. Pada ahli materi memperoleh hasil rata-rata peresentase 99,5% dengan kriteria sangat layak. Pada ahli bahasa memperoleh hasil rata-rata peresentase 98,6% dengan kriteria sangat layak dan ahli media dengan peresentase sebesar 94,4% dengan criteria sangat layak. Penilaian dari data hasil respon pendidik memperoleh rata-rata peresentase 96,16 % dengan kriteria sangat layak. Kemudian respon peserta didik pada uji coba kelompok kecil yang melibatkan 21 peserta didik di MIN 4 Bandar Lampung memperoleh hasil rata-rata peresentase 95,2% dengan kriteria sangat layak, dan pada uji coba kelompok besar yang melibatkan 42 peserta didik di SDN 2 Way Dadi memperoleh hasil rata-rata peresentase 95,73% dengan kriteria sangat layak. Berdasarkan angket respon yang telah di isi peserta didik dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berupa buku saku bahasa Lampung yang dikembangkan tersebut sangat layak dan menarik di jadikan media pembelajaran. Kata Kunci : Buku Saku, Bahasa Lampung, Minat Belajar iv ABSTRACT This study aims to produce teaching materials in the form of Lampung Language Learning Pocket Books, using pocket books one can obtain information without wasting much time and can be carried anywhere in order to achieve effective and efficient learning. This study aims to: (1) develop pocket book media for learning Lampung language. (2) determine the feasibility of the Lampung language learning pocket book as a learning medium. (3) knowing the students' responses to the Lampung language learning pocket book. This development research uses the ADDIE model. The subjects of this study were students at MIN 4 Bandar Lampung and SDN 2 Way Dadi. The research data were obtained by interviews, observation and documentation. The results of the research based on the validation questionnaire on the development of the Lampung language pocket book consisted of three teams, namely a team of material experts, a team of language experts and a team of media experts. The material experts obtained an average percentage of 99.5% with very decent criteria. The linguists obtained an average percentage of 98.6% with very appropriate criteria and media experts with a percentage of 94.4% with very feasible criteria. Assessment of the results of the teacher's response data obtained an average percentage of 96.16% with very decent criteria. Then the student responses in the small group trial involving 21 students at MIN 4 Bandar Lampung obtained an average percentage of 95.2% with very feasible criteria, and in the large group trial involving 42 students at SDN 2 Way Dadi obtained an average percentage of 95.73% with very decent criteria. Based on the response questionnaire that was filled in by the students, it can be concluded that the learning media in the form of a Lampung language pocket book which was developed is very feasible and interesting to be used as learning media. Keywords: Pocket Book, Lampung Language, Interest in Learning

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 09 Mar 2023 04:19
Last Modified: 09 Mar 2023 04:19
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23546

Actions (login required)

View Item View Item