PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LAPS - HEURISTIK BERBANTU GOOGLE CLASSROOM TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK KELAS VIII MTs NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG

FATKHUL, JANNAH (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LAPS - HEURISTIK BERBANTU GOOGLE CLASSROOM TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK KELAS VIII MTs NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI FATKHUL JANNAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LAPS-HEURISTIK BERBANTU GOOGLE CLASSROOM TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK KELAS VIII MTs NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG Oleh Fatkhul Jannah Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah karena penerapan model pembelajaran yang kurang sesuai dan membuat kegiatan pembelajaran kurang optimal sehingga kemampuan pemecahan masalah peserta didik menjadi rendah. Penetian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Laps-Heuristik Benbantu Google Classroom Terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas VIII MTs Negeri 2 Bandar Lampung. Penelitian ini mengacu pada pendekatan kuantitatif, dimana jenis penelitian ini adalah quasi-experimental design, dengan design pretest posstest only control grub design, populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII MTs N 2 Bandar Lampung. Teknik pengumpulan data yang di gunakan dalam penelitian ini adalah berupa tes keampuan pemecahan masalah. Berdasarkan hasil penelitian menujukan nilai rata – rata posstest kemampuan pemecahan masalah peserta didik berkatagori tinggi dengan nilai posstest rata – rata kelas ekperiment 81 Hasil analisis data menunjukan bahwa data berdistribusi normal dan homogeny. Hasil pesrhitungan hipotesis dengan uji t-independent menunjukan bahwa nilai sig sebesar 0,000 < 0,05 maka H0 di tolak dan H1 diterima, sehingga hasil penelitian tersebut dapat di simpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Laps-Heuristik berbantu Googel Classroom terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas VIII MTs N 2 Bandar Lampung. Kata Kunci : kemampuan pemecahan masalah, model pembelajaran Laps-Heuristik iv ABSTRACT THE EFFECT OF GOOGLE CLASSROOM ASSISTED LAPS�HEURISTIC LEARNING MODEL ON PROBLEM SOLVING ABILITY OF STUDENTS IN CLASS VIII MTs NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG By Fatkhul Jannah This research is motivated by low problem-solving abilities because the application of learning models is not appropriate and makes learning activities less than optimal so that students' problem�solving abilities are low. This study aims to determine the effect of the Laps-Heuristic learning model assisted by Google Classroom on the problem solving abilities of class VIII students at MTs Negeri 2 Bandar Lampung. This research refers to a quantitative approach, where this type of research is a quasi-experimental design, with a pretest posttest only control group design, the population of this study is all students of class VIII MTs N 2 Bandar Lampung. The data collection technique used in this study was a problem solving ability test. Based on the results of the study, the average value of the posstest problem solving ability of students is in the high category with the average posttest value of the experimental class 81. The results of data analysis show that the data is normally distributed and homogeneous. The results of hypothesis calculations with the independent t-test show that the sig value is 0.000 <0.05, then H0 is rejected and H1 is accepted, so that the results of this study can be concluded that there is an influence of the Laps-Heuristic learning model assisted by Googel Classroom on students' problem-solving abilities. class VIII MTs N 2 Bandar Lampung. Keywords: problem solving ability, Laps-Heuristic learning model

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 09 Mar 2023 03:24
Last Modified: 09 Mar 2023 03:24
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23542

Actions (login required)

View Item View Item