PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN EMOSIONAL PESERTA DIDIK MELALUI LAYANAN KONSELING KELOMPOK KELAS XII IPA SMA NEGERI 1 SEPUTIH BANYAK KABUPATEN LAMPUNG TENGAH

FEBY, RAY NIRWANA (2023) PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN EMOSIONAL PESERTA DIDIK MELALUI LAYANAN KONSELING KELOMPOK KELAS XII IPA SMA NEGERI 1 SEPUTIH BANYAK KABUPATEN LAMPUNG TENGAH. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1 BAB 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of FEBY FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru bk dalam mengembangkan kecerdasan emosional peserta didik kelas XII IPA SMA N 1 Seputih Banyak Kabupaten Lampung Tengah. Permasalahan ditemukan dari buku kasus guru bk masih adanya peserta didik yang belum mampu mengembangkan kecerdasan emosional, dilihat dari indikator kecerdasan emosi terdapat 5 siswa yang belum bisa mengembangkan kecerdasan emosionalnya diantaranya belum mampu dalam kesadaran diri, pengaturan emosi, berempati, motivasi, dan kemampuan berhubungan dengan orang lain. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dengan cara melalui observasi, wawancara, dokumentasi. Adapun subjek penelitian dalam penelitian ini adalah guru BK dan peserta didik kelas XII IPA SMA N Seputih Banyak Kabupaten Lampung Tengah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran yang dilakukan oleh guru bimbingan dan konseling dalam mengembangkan kecerdasan emosional yaitu memberikan layanan konseling kelompok kepada peserta didik yang kurang mampu dalam mengembangkan kecerdasan emosional. Kata Kunci : Peran Guru Bimbingan dan Konseling, Kecerdasan Emosional iv ABSTRACT This study aims to describe the role of counseling guidance teachers in developing student's emotional intelligence of class XII IPA of SMA N 1 Seputih Banyak, Central Lampung Regency. The problem found from the case book of the counseling guidance teacher that there are still students who have not been able to develop emotional intelligence, seen from the emotional intelligence indicators there are 5 students who have not been able to develop their emotional intelligence including those who have not been able to self�awareness, emotional regulation, empathy, motivation, and ability relate to other people. This study used descriptive qualitative research methods. The data collection techniques used in this study were through observation, interviews, and documentation. The research subjects in this study were Counseling Guidance teachers and students of class XII science at SMAN 1 Seputih Banyak, Central Lampung Regency. The results of this study indicate that the role played by guidance and counseling teachers in developing emotional intelligence was to provide group counseling services to students who are less able to develop emotional intelligence. Keywords: The Role of Guidance and Counseling Teachers, Emotional Intelligence

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 Mar 2023 07:57
Last Modified: 08 Mar 2023 07:57
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23539

Actions (login required)

View Item View Item