IMPLEMENTASI PERAN DAN TANGGUNG JAWAB BENDAHARA DESA DALAM BANTUAN KELOMPOK TANI PERSPEKTIF SIYASAH SYAR’IYYAH (Studi di Desa Muara Dua Kecamatan Abung Tinggi Kabupaten Lampung Utara

Wiwin, Ayu Lestari (2023) IMPLEMENTASI PERAN DAN TANGGUNG JAWAB BENDAHARA DESA DALAM BANTUAN KELOMPOK TANI PERSPEKTIF SIYASAH SYAR’IYYAH (Studi di Desa Muara Dua Kecamatan Abung Tinggi Kabupaten Lampung Utara. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI KECIL WIWIN.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Bendahara adalah orang yang bertugas untuk membuat pembukuan dan mengatur keuangan dalam sebuah organisasi atau kepanitiaan. Dalam sebuah organisasi tugas pertama seorang bendahara adalah membuat rencana anggaran pengeluaran belanja organisasi untuk satu periode pengurusan. Berdasarkan latar belakang sejalan dengan perkembangan kebutuhan pengelolaan keuangan, dirasa pula semakin pentingnya fungsi perbendaharaan dalam rangka pengelolaan sumber daya keuangan pemerintah yang terbatas secara efisien. Fungsi perbendaharaan tersebut meliputi, terutama perencanaan kas yang baik, pencegahan agar jangan sampai terjadi kebocoran dan penyimpangan, pencarian sumber pembiayaan yang paling murah dan pemanfaatan dana yang mengganggur (piutang) untuk meningkatkan nilai tambah sumber daya keuangan, rumusan masalah dalam skrispi ini adalah pertama, Bagaimana implementasi peran dan tanggung jawab bendahara desa dalam pengelolaan bantuan kelompok tani? Kedua, Bagaimana pertanggungjawaban bendahara dalam bantuan kelompok tani bagi masyarakat di Desa Muara Dua Kecamatan Abung Tinggi Kabupaten Lampung Utara dalam perspektif siyasah syar‟iyyah? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi peran dan tanggung jawab bendahara desa dalam pengelolaan bantuan kelompok tani? Serta untuk mengetahui pertanggungjawaban bendahara dalam bantuan kelompok tani bagi masyarakat di Desa Muara Dua Kecamatan Abung Tinggi Kabupaten Lampung Utara dalam perspektif siyasah syar‟iyyah. Dalam penulisan ini digunakan jenis penelitian lapangan (field research), siafat penelitian ini bersifat deskriptif. Proses pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data, observasi, dan wawancara. Dalam menganalisis penelitian ini menggunakan analisa kualitatif dan dibantu dengan menggunakan teori yang bersangkutan dengan permasalahan skripsi ini. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa Implementasi peran bendahara desa dalam kelompok tani adalahh mengelola fungsi perencanaan dan fungsi pengorganisasian agar menjadi efektif dan efisien. Sedangkan tanggungjawab bendahara dalam bantuan kelompok tani bertindak untuk mengusahakan agar semua anggota kelompok berusaha untuk mencapai sasaran yang sesuai dengan perencanaan yang sudah ditetapkan. Ada peran yang diluar tanggung jawab bendahara yaitu penambahan harga dari setiap iii bantuan yang diberikan, dan belum pernah dibicarakan sebelumnya dan ini menimbulkan kerugian di salah satu pihak khususnya kelompok tani. Hukum Islam; belum menjalankan perannya secara benar, ada peran yang diluar tanggung jawabnya dan ini berarti belum menjalankan amanah dengan baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 Mar 2023 07:12
Last Modified: 08 Mar 2023 07:12
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23538

Actions (login required)

View Item View Item