PENERAPAN KONSELING BEHAVIOR DENGAN TEKNIK SELF�MANAGEMENT DALAM MENINGKATKAN DISIPLIN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII DI MTs MUHAMMADIYAH SUKARAME BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2021/2022

KAMILAH, FIDDINI AZZAHRA (2023) PENERAPAN KONSELING BEHAVIOR DENGAN TEKNIK SELF�MANAGEMENT DALAM MENINGKATKAN DISIPLIN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII DI MTs MUHAMMADIYAH SUKARAME BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2021/2022. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL KAMILAH FIDDINI AZZAHRA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian penerapan layanan konseling behavior dengan teknik self management dalam meningkatkan disiplin belajar peserta kelas VIII di MTs Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung tahun pelajaran 2021/2022. Dalam hal ini di latar belakangi oleh bagaimana peran guru bimbingan dan konseling dalam menerepkan layanan konseling behavior dengan teknik self management untuk membantu dan mencegah terjadinya masalah terkait disiplin belajar pada pesera didik. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perencanaan dan pelaksanaan, serta evaluasi dari hasil pelaksanaan layanan konseling behavior dengan teknik self management dalam meningkatkan disiplin belajar pada peserta didik di MTs Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Pendekatan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan desain yang digunakan adalah (Field Research) penelitian layanan yang terfokus pada bagaimana peran guru bimbingan dan konseling dalam menerapkan layanan konseling behavior dengan teknik self management di MTs Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung. Sampel penelitian ini berjumlah 6 peserta didik kelas VIII di MTs Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan konseling behavior dengan teknik self management dalam menigkatkan disiplin belajar pada peserta didik di MTs Muhammadiyah Bandar Lampung dilakukan oleh guru bimbingan dan konseling diawali dengan melihat data buku catatan kasus peserta didik, kemudian membuat program bimbingan dan konseling, membuat RPL, menyiapkan materi layanan, dan menentukan jadwal untuk pertemuan sesi konseling dengan peserta didik. Penerapan Layanan Konseling behavior dengan teknik self management dalam meningkatkan disiplin belajar peserta didik di MTs Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung, telah dilaksanakan dengan baik dan terdapat perubahan pada peserta didik terlihat dari absensi dan buku catatan kasus. Kata Kunci: Konseling Behavior, Self-Management, Disiplin Belajar iii ABSTRACT Research on the application of behavior counseling services using self�management techniques in improving the learning discipline of class VIII participants at MTs Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung for the 2021/2022 academic year. In this case, the background is the role of the guidance and counseling teacher in applying behavioral counseling services with self-management techniques to help and prevent problems related to learning discipline in students. The purpose of this study is to find out how to plan and implement, as well as evaluate the results of implementing behavior counseling services with self-management techniques in improving learning discipline in students at MTs Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung. Data collection techniques used in this study were interviews, observation and documentation. The approach to this research is a qualitative approach with the design used is (Field Research) service research which focuses on how the role of guidance and counseling teachers is in implementing behavior counseling services with self�management techniques at MTs Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung. The sample of this research was 6 students of class VIII at MTs Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung. Based on the results of the study it can be concluded that the application of behavioral counseling with self-management techniques in increasing learning discipline in students at MTs Muhammadiyah Bandar Lampung was carried out by guidance and counseling teachers starting by looking at student case notebook data, then creating guidance and counseling programs, making RPL, prepare service materials, and determine schedules for counseling session meetings with students. The application of behavioral counseling services with self-management techniques in improving student learning discipline at MTs Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung, has been implemented well and there have been changes in students as seen from attendance and case log books. Keywords: Behavior Counseling, Self-Management, Learning Discipline

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 Mar 2023 06:44
Last Modified: 08 Mar 2023 06:44
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23533

Actions (login required)

View Item View Item