HUBUNGAN ANTARA SENSE OF HUMOR GURU DENGAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN

Gus, Ma’ruf Bimantoro (2023) HUBUNGAN ANTARA SENSE OF HUMOR GURU DENGAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI_PERPUS.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI_FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Hubungan antara Sense Of Humor Guru dengan Motivasi Belajar Peserta didik pada Pembelajaran Dalam Jaringan Oleh Gus Ma’ruf Bimantoro 1531080176 Proses belajar-mengajar merupakan proses yang sadar akan tujuan. Dalam proses belajar terdapat interaksi antara Peserta didik sebagai pihak yang belajar dan guru sebagai pihak yang mengajar. Dalam pandemik covid-19 pemerintah menghimbau agar sistem belajar menjadi online atau belajar daring, dan guru dituntut agar mampu memberikan motivasi belajar Peserta didik dalam sistem belajar daring. Motivasi belajar yang baik akan menunjukkan hasil yang baik. Salah satu faktor utama yang mempengaruhi tinggi-rendah motivasi belajar Peserta didik adalah guru yang menyampaikan materi. Seorang guru bertanggungjawab dalam mengkondisikan lingkungan psikososial dalam kelas, dan humor merupakan salah satu cara yang digunakan. Untuk dapat mengamati, merasakan atau menggunakan humor, seseorang memerlukan sense of humor. Begitu pula seorang guru. Dalam praktiknya sendiri tidak semua humor dari guru di sukai Peserta didik, semua tergantung Peserta didik dalam persepsinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan persepsi Peserta didik terhadap sense of humor guru dengan motivasi belajar pada sistem pembelajaran online atau daring. Populasi dalam penelitian ini adalah Peserta didik kelas XI di SMK YPI Seputih Mataram yang terdiri dari 4 kelas yang berjumlah 115 Peserta didik. Peneliti memakai metode penelitian kuantitatif dengan tekning pengambilan sampel Clusster sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan skala likert meliputi : skala motivasi belajar yang terdiri 28 item dengan koefisien rebilitas α = 0,899, sedangkan skala sense of humor terdiri 15 item memiliki nilai koefisien reabilitas sebesar α = 0,832. Teknik yang diapaki adalah teknik korelasi Poduct moment dengan dibantu SPSS versi 21.0 for windows. Data yang dianalisis menunjukkan hasil bahwa nilai koefisien korelasi rxy = 0,364 dan (P < 0,01). Dari nilai tersebut di disimpulkan bahwa ada hubungan positif signifikan antara persepsi Peserta didik terhadap sense of humor guru dengan motivasi belajar Peserta didik di SMK YPI Seputih Mataram. Dari nilai koefisien korelasi rxy : 0,364 lalu dikuadratkan menjadi 0,132 tersebut maka didapat bahwasanya sense of humor memberi sumbangan efektif sebesar 13,2% terhadap variabel motivasi belajar dan 86,7% didapat dari pengaruh variabel lain di luar penelitian. Kata kunci : Motivasi belajar, Sense of humor

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Psikologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Psikologi Agama
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 Mar 2023 06:16
Last Modified: 08 Mar 2023 06:16
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23525

Actions (login required)

View Item View Item