PEMBINAAN KEAGAMAAN NARAPIDANA DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KELAS II B KABUPATEN WAY KANAN ( Studi Pada Lapas Kelas II B Kabupaten Way Kanan Provinsi Lampung)

DINA, LESTARI (2023) PEMBINAAN KEAGAMAAN NARAPIDANA DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KELAS II B KABUPATEN WAY KANAN ( Studi Pada Lapas Kelas II B Kabupaten Way Kanan Provinsi Lampung). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI DINA LESTARI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Pembinaan adalah suatu proses yang membantu individu melalui usaha sendiri dalam rangka menemukan dan mengembangkan kemampuannya dengan tujuan untuk memperoleh kebahagiaan pribadi dan manfaat sosial. Berbagai kegiatan yang dilakukan oleh Lapas Kelas IIB Way Kanan dalam membina Narapidana, agar kedepannya narapidana tersebut lebih baik lagi setelah mengikuti pembinaan keagamaan tersebut. Penelitian ini mengkaji tentang Pembinaan Keagamaan Narapidana Di Lembaga Permasyarakatan Kelas IIB Kabupaten Way Kanan. Rumusan Masalah dalam Penelitian ini yaitu Bagaimana pelaksanaan Pembinaan keagamaan di Lembaga Permasyarakatan kelas II B di Way Kanan dan Apa hambatan pembinaan keagamaan di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Way Kanan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pelaksanaan Pembinaan Keagamaan bagi Narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Kabupaten Way Kanan dan Untuk mengetahui hambatan pembinaan keagamaan di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Way Kanan. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif bersifat deskriptif menjelaskan atau menggambarkan kondisi Narapidana berdasarkan keadaan lapangan dengan ada apanya sesuai dengan hasil Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan untuk menganalisa data yang telah diperoleh yaitu menggunakan teknik analisis Miles dan Huberman. Sedangkan Teori yang digunakan untuk menganalisis dalam penelitian ini adalah Teori Stimulus Respon Thorndike. Dalam teori tersebut terdapat tiga tipe, yaitu; Pesan, Komunikan dan Efek. Hasil penelitian tentang pelaksanaan pembinaan keagamaan yang dilakukan oleh Lembaga Permasyarakatan Kelas II B Kabupaten Way Kanan, adalah Pembinaan Individual dan Pembinaan Kelompok. Pembinaan secara individual melakukan komunikasi langsung secara individual dengan pihak yang dibimbingnya yaitu narapidana dengan menggunakan teknik percakapan pribadi (face to face), sedangkan pembinaan kelompok melakukan komunikasi langsung dengan narapidana dalam kelompok. Hal ini dilakukanya dengan teknik iii diskusi bersama kelompok narapidana yang mempunyai masalah yang sama. Pelaksanaan pembinaan Di Lembaga Pemasyarakatan ini terdapat hambatan yang bersifat internal dan external. Hambatan Internalnya berupa, sarana gedung Lembaga Pemasyarakatan, kualitas dan kuantitas petugas, Kesejahteraan Petugas dan sarana fasilitas pembinaan. Sedangkan Hambatan Externalnya yaitu, Hambatan Ekonomi, Pendidikan, dan Lingkungan baik itu lingkungan Keluarga maupun Lingkungan Sekolah. Kata Kunci: Pembina Keagamaan, Narapidana, Lembaga Pemasyarakatan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Sosiologi Agama
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 Mar 2023 06:11
Last Modified: 08 Mar 2023 06:11
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23524

Actions (login required)

View Item View Item