EFEKTIVITAS KONSELING INDIVIDUAL DENGAN TEKNIK SELF MANAGEMENT DALAM MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP PERINTIS 2 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAM 2017/2018

Asmawati, Ozy (2017) EFEKTIVITAS KONSELING INDIVIDUAL DENGAN TEKNIK SELF MANAGEMENT DALAM MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP PERINTIS 2 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAM 2017/2018. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI_LENGKAP_OZI_fiks_oks.pdf]
Preview
PDF
Download (17MB) | Preview

Abstract

Tanggung jawab belajar adalah suatu proses dimana seseorang objek belajarnya dan lingkungan melalui pendidikan di sekolah meghasilkan perubahan tingkah laku seperti pengetahuan, cara berpikir, keterampilan, sikap, nilai dan kesedian menanggung segala akibat dari kegiatan belajar dengan penuh kesadaran, kerelaan, rasa memiliki, dan disiplin yang bertujuan untuk menguasai materi ilmu pengetahuan. Peserta didik yang kurang bertanggung jawab akan berdampak seperti: peserta didik nilai pelajaran rendah, peserta didik banyak melanggar norma-norma yang berlaku, peserta didik malas belajar, dan sering kelayapan. Upaya untuk mengatasi tanggung jawab belajar adalah menggunakan konseling individu dengan teknik self management. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan tanggung jawab belajar peserta didik dengan menggunakan konseling individu teknik self management. Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena yang ada di kelas VIII D SMP Perintis 2 Bandar Lampung yang menunjukkan tingkat tanggung jawab belajar rendah. Penelitian ini menggunakan metode eksperiment dengan desain One-Group Pretest- Posttest. Sampel penelitian 4 orang peserta didik yang diambil dengan menggunakan teknik random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotetis Ha diterima sedangkan hipotetis Ho ditolak. Ini terbukti dengan hasil analisis data dengan menggunakan uji-t, t hitung lebih besar dari t tabel diperoleh (12.745 ≥ 3,182), pretest diperoleh 45.50 dan posttest 96.75. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa konseling individu dengan teknik self management dapat meningkatkan sikap tanggung jawab belajar peserta didik SMP Perintis 2 Bandar Lampung. Dengan demikian penelitian ini menyarankan agar konseling individu dengan teknik self management dapat digunakan untuk membantu meningkatkan tanggung jawab peserta didik. Kata kunci : Layanan Konseling Individual, Teknik Self Management, Tanggung Jawab Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 21 Nov 2017 02:58
Last Modified: 21 Nov 2017 02:58
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2352

Actions (login required)

View Item View Item