“HUBUNGAN ANTARA TIPE KEPRIBADIAN BIG-FIVE PERSONALITY DAN DISPLAY PRODUCT DENGAN PEMBELIAN IMPULSIF PADA MAHASISWA YANG MELAKUKAN PEMBELIAN ONLINE”

Evi, Diana (2023) “HUBUNGAN ANTARA TIPE KEPRIBADIAN BIG-FIVE PERSONALITY DAN DISPLAY PRODUCT DENGAN PEMBELIAN IMPULSIF PADA MAHASISWA YANG MELAKUKAN PEMBELIAN ONLINE”. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of COVER BAB 1 BAB 5 DAPUS.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of EVI FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Hubungan Antara Tipe Kepribadian Big-five Personality dan Display Product dengan Pembelian Impulsif Pada Mahasiswa yang Melakukan Pembelian Online. Oleh : Evi Diana Globalisasi membawa kemajuan teknologi yang semakin luas seperti internet, pada saat ini banyak individu melakukan kegiatan jual beli melalui jaringan internet yang biasa disebut jual beli online. Kemudahan pembelian menyebabkan individu mengalami peningkatan perilaku pembelian impulsif. Mahasiswa merupakan pengguna internet, sosial media dan aplikasi jual beli online terbanyak. Mahasiswa diartikan sebagai individu yang berada difase remaja menuju dewasa awal yang memiliki karakter mudah terbujuk rayuan serta kurang berpikir realistik, yang menyebabkan munculnya pembelian impulsif. Pembeliain impulsif merupakan suatu perilaku pembelian irasional yang dilakukan secara tiba-tiba tanpa adanya pertimbangan dan perencanaan terlebih dahulu perilaku pembelian ini didorong oleh emosional dan konflik pikiran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara tipe kepribadian big-five personality dan display product dengan pembelian impulsif pada mahasiswa yang melakukan pembelian online. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa UIN Raden Intan Lampung. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling, dan melibatkan 118 responden dengan alat ukur skala pembelian impulsif, skala big-five inventory dan skala display product. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda dengan bantuan software JASP 16.1. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan signifikan antara tipe kepribadian big-five dan display product dengan pembelian impulsif pada mahasiswa yang melakukan pembelian online. Dengan nilai R=0.444 dan F= 14.087 dengan signifikan p>0.01. Pada penelitian ini ditemukan hubungan negatif signifikan antara tipe kepribadia big-five dengan pembelian impulsif (β = -0.349 : p<0.01). Pada penelitian ini juga ditemukan bahwa ada hubungan yang positif signifikan antara display product dengan pembelian impulsif pada mahasiswa yang melakukan pembelian online (β=0,283 ; p< 0,10) dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,277. Kata Kunci : Pembelian Impulsif, Kepribadian Big-five Personality, Display Product.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Psikologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Psikologi Agama
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 Mar 2023 03:58
Last Modified: 08 Mar 2023 04:00
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23516

Actions (login required)

View Item View Item