PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MONOPOLI MATEMATIKA BERNUANSA ISLAM BERBANTUAN BRAIN GYM

Suhendra, Deka (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MONOPOLI MATEMATIKA BERNUANSA ISLAM BERBANTUAN BRAIN GYM. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI_DEKA_SUHENDRA.pdf]
Preview
PDF
Download (12MB) | Preview

Abstract

Ilmu pendidikan matematika selalu mendapatkan perhatiaan khusus dalam dunia pendidikan. Hal itu dikarenakan matematika merupakan salah satu penunjang penilaian prestasi belajar dalam sebuah Ujian Nasional (UN). Dalam pembelajaran ilmu matematika sendiri meskipun telah banyak menggunakan sebuah media bantu sebagai penunjang proses belajar, namun masih banyak ditemui kurangnya penggunaan media bantu yang menyesuaikan dengan gaya belajar peserta didik seperti yang peneliti temui di SMA YP Unila. Tujuan penelitian ini yaitu untuk: (1) Mengetahui pengembangan media pembelajaran matematika bernuansa Islam Berbantuan Brain Gym pada materi relasi dan fungsi di SMA YP Unila. (2) Mengetahui kualitas media pembelajaran monopoli matematika bernuansa Islam berbantu Brain Gym yang telah dihasilkan menurut ahli materi, ahli media, dan ahli agama. (3) Mengetahui respon siswa terhadap media pembelajaran matematika bernuansa Islam berbantuan brain gym yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development menurut Borg and Gall dengan prosedur dibatasi pada 7 tahapan pengembangan yaitu: (1) Potensi dan Masalah, (2) Mengumpulkan inormasi, (3) Desain Produk, (4) Validasi Desain, (5)Perbaikan Desain, (6) Uji Coba Produk, dan (7) Revisi Produk, dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan angket (kuisioner) berupa skala Likert. teknik analisis data yang digunakan yaitu statistik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah sebuah media pembelajaran monopoli matematika bernuansa Islam dan berbantuan Brain Gym yang layak digunakan sebagai media pembelajaran di SMA YP Unila. Kelayakan media yang dihasilkan baik dari ahli materi, ahli media, dan ahli agama diperoleh hasil bahwa media yang dikembangkan valid dan layak untuk digunakan. Penilaian respon yang diperoleh dari peserta didik pada tahap uji coba kelompok kecil diperoleh respon yang “menarik” dengan skor sebesar 3,24. Pada tahap uji coba lapangan diperoleh kemenarikan produk dengan skor 3,70 yang artinya media yang dikembangkan memperoleh respon yang sangat menarik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 516 not found.
Date Deposited: 21 Nov 2017 02:36
Last Modified: 21 Nov 2017 02:36
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2349

Actions (login required)

View Item View Item