Rina, Anggraini Suci Handayani (2023) Hubungan Antara Hedonic Shopping Value Dan Store Atmosfer Dengan Impulsive Buying Produk Fashion Pada Mahasiswa. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.
PDF
Download (1MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Hubungan Antara Hedonic Shopping Value Dan Store Atmosfer Dengan Impulsive Buying Produk Fashion Pada Mahasiswa Oleh : Rina Anggraini Suci Handayani Impulsive buying merupakan pembelian tidak terencana dan proses pembelian dilakukan secara sengaja terjadi ketika konsumen melihat produk yang menarik perhatian, kemudian ingin segera mendapatkan produk yang diinginkan, didorong oleh aspek psikologis emosional terhadap suatu produk atau tergoda oleh tampilan yang menarik, individu yang melakukan impulsive tidak dapat membedakan antara keinginan dan kebutuhan. Hedonic Shopping Value dan store atmosfer diduga menjadi faktor dalam perilaku impulsive buying. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara Hedonic Shopping Value Dan Store Atmosfer Dengan Impulsive Buying. Metode dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi yang digunakan adalah mahasiswa Prodi Manajemen Bisnis Syariah Fakultas Ekonomi Bisnis Islam Angkatan 2018 Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung Sebanyak 230 mahasiswa, sedangkan sampel yang diambil sebanyak 144 subjek dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan skala impulsive buying,berjumlah 20 aitem (α = 0,899) skala Hedonic Shopping Value berjumlah 28 aitem (α = 0,878) dan skala store atmosfer berjumlah 19 aitem (α = 0.852).Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda dua prediktor yang dibantu dengan program JASP 0.14.1.0 Hasil penelitian pertama menunjukan ada hubungan yang signifikan antara Hedonic Shopping Value Dan Store Atmosfer Dengan Impulsive Buying produk fashion pada mahasiswa dengan nilai R = 0,639 dan nilai F = 48,746 dengan signifikansi p<0.01 dan sumbangan efektif sebesar 40,9%. Kemudian kedua terdapat hubungan positif dan signifikan antara Hedonic Shopping Value dengan Impulsive Buying pada mahasiswa dengan nilai (rx1-y) 0,638 dan p< 0,01, sumbangan efektif sebesar 37,51%. Ketiga terdapat hubungan positif dan signifikan Store Atmosfer Dengan Impulsive Buying pada mahasiswa dengan nilai (rx2-y) sebesar 0,505 dan p < 0,01, sumbangan efektif sebesar 3,38%. Kata Kunci : Hedonic Shopping Value, Store Atmosfer dan Impulsive Buying
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Psikologi Agama |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin > Psikologi Agama |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 08 Mar 2023 02:12 |
Last Modified: | 08 Mar 2023 02:12 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23487 |
Actions (login required)
View Item |