PERAN KELOMPOK PEMBERDAYAAN DAN KESEJAHTERAAN KELUARGA (PKK) DALAM MEWUJUDKAN KELUARGA HARMONIS (Studi di Desa Sendang Rejo, Kabupaten Lampung Tengah)

FINA, FITRIANI (2023) PERAN KELOMPOK PEMBERDAYAAN DAN KESEJAHTERAAN KELUARGA (PKK) DALAM MEWUJUDKAN KELUARGA HARMONIS (Studi di Desa Sendang Rejo, Kabupaten Lampung Tengah). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of cover bab 1+5+dapus.pdf] PDF
Download (7MB)
[thumbnail of full skripsi.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

ABSTRAK Peran Kelompok Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Dalam Mewujudkan Keluarga Harmonis (Studi di Desa Sendang Rejo, Kabupaten Lampung Tengah) Oleh: FINA FITRIANI Pemberdayaan dan Kesejahteraan keluarga (PKK) merupakan salah satu wadah untuk mewujudkan kesejahteraan keluarga bahagia, dan harmonis. Keluarga harmonis merupakan keluarga yang penuh dengan ketenangan, ketentraman, kasih sayang, saling melengkapi dan menyempurnakan. Latar belakang masalah penelitian ini adalah ekonomi didalam keluarga, kurangnya dukungan suami serta keterampilan kaum perempuan yang masih kurang memahami dalam pembuatan aneka kreasi, sehingga dibutuhkan adanya pemberdayaan perempuan. Peran PKK diharapkan dapat memberi pelatihan dan keterampilan pada perempuan yang ada di Desa Sendang Rejo, Kabupaten Lampung Tengah dan dapat mewujudkan keluarga yang harmonis di dalam suatu rumah tangga. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana pelaksanaan kegiatan kelompok Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Sendang Rejo di Lampung Tengah dan bagaimana peran kelompok Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dalam mewujudkan keluarga harmonis di Lampung Tengah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan kegiatan kelompok pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga (PKK) Sendangrejo di Lampung Tengah dan untuk mengetahui peran kelompok Pemberdayaan dan Kesejateraan Keluarga (PKK) Sendang Rejo dalam mewujudkan keluarga harmonis di Lampung Tengah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif bersifat deskriptif, Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan sosiologi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dengan adanya kelompok PKK dapat memberikan dampak kesejahteraan bagi masyarakat dalam mewujudkan keluarga yang harmonis. Kelompok PKK berperan aktif dalam kegiatan pembuatan keranjang lidi, iii pembuatan keset, aneka kripik, kreasi bahan perca, dan membuat kebun TOGA dan sayuran, selain itu aktivitas keagamaan nya mengikuti pengajian setiap hari Jum’at, Alberjanji dan pelatihan rebana. PKK mendorong mereka untuk menjadi mandiri dalam hal pemenuhan segala kebutuhan hidupnya. Hal tersebut sudah banyak hasil dari mereka yang terjual dan dapat memanfaatkannya. Kegiatan tersebut seperti yang terdapat di visi misi PKK yaitu tentang mewujudkan keluarga yang harmonis. Kata Kunci: Keluarga Harmonis, Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Sosiologi Agama
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Mar 2023 07:46
Last Modified: 07 Mar 2023 07:46
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23472

Actions (login required)

View Item View Item