Eksistensi BUMDes Dalam Meningkatkan Pemberdayaan Masyarakat Desa (Studi Kasus Desa Negeri Sakti Gedong Tataan Kabupaten Pesawaran)

VINKY, FERAISYA PUTRI.W. (2023) Eksistensi BUMDes Dalam Meningkatkan Pemberdayaan Masyarakat Desa (Studi Kasus Desa Negeri Sakti Gedong Tataan Kabupaten Pesawaran). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of BAB 1 5 DAPUS.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of skripsi vinky feraisya.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Eksistensi BUMDes Dalam Meningkatkan Pemberdayaan Masyarakat Desa (Studi Kasus Desa Negeri Sakti Gedong Tataan Kabupaten Pesawaran) Oleh: VINKY FERAISYA PUTRI.W. BUMDes merupakan pilar ekonomi di desa yang berfungsi sebagai lembaga sosial (Social Instution) dan Komersil (commercial institution). Eksistensi merupakan salah satu unsur pokok untuk mencapai suatu tujuan keberadaan yang mengandung unsur bertahan yang telah ditentukan didalam suatu organisasi, kegiatan ataupun program. BUMDes merupakan suatu badan perekonomian desa yang memiliki badan hukum, dimana dibentuk dimiliki oleh Pemerintahan Desa. Belum optimalnya pemanfaatan di setiap unit usaha yang ada di BUMDes kepada masyarakat, mengakibatkn kesejahteraan masyarakat yang kurang maksimal. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui eksistensi BUMDes Mutiara Sakti dalam meningkatkan kesejahteraan pada masyarakat desa Negeri Sakti Metode penelitian yang digunakan pada skripsi ini yaitu penelitian Kualitatif dengan sifat penelitian yaitu Deskriptif Analitik. Sumber data primer menggunakan teknik Purposive Sampling berasal dari pihak BUMDes Mutiara Sakti, Pemerintahan Desa Negeri Sakti dan Masyarakat Desa Negeri Sakti. Proses analisis data dilakukan dengan Pengumpulan Data, Reduksi Data, Penyajian Data, Verifikasi Data dan Penarik Kesimpulan menggunakan Triangulasi Data. Jenis penelitian pada skripsi ini yaitu Penelitian Lapangan atau field research. Hasil dari penelitian ini yaitu menunjukkan bahwa Eksistensi BUMDes terhadap pemberdayaan masyarakat masih kurang optimal dalam menjalankan tujuan pemberdayaan masyarakat sesuai dengan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, untuk memperbaiki kelembagaan usaha pendapatan desa dan masyarakat meningkatkan kesejahteraan serta memenuhi kebutuhan masyarakat yang ada di desa. Pelaksanaan kegiatan usaha BUMDes Mutiara Sakti dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat kurang optimal, hal ini dikarenakan BUMDes belum memenuhi kebutuhan masyarakat yang mayoritas petani serta kurangnya koordinasi antara BUMDes dengan aparatur desa dan masyarakat Tujuan utama dari BUMDes Mutiara Sakti pada hakikatrya belum berjalan secara optimal, pada realita atau kenyataannya masyarakat Desa Negeri Sakti masih minim pendapatan dan kesejahteraan. Sehingga masyarakat membutuhkan hadirnya BUMDes yang dijadikan sebagai wadah untuk membantu masyarakat dalam meningkatkan kesejahteraan serta membantu aparat pemerintah dalam pemberdayaan masyarakat. Masyarakat berharap agar keberadaan BUMDes dapat dirasakan sehingga BUMDes bisa optimal dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di desa Negeri Sakti. Kata Kunci: Eksistensi, Pemberdayaan Masyarakat, Kesejahteraan Masyarakat

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pemikiran Politik Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Pemikiran Politik Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Mar 2023 07:22
Last Modified: 07 Mar 2023 07:22
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23465

Actions (login required)

View Item View Item