IMPLEMENTASI KONSELING KELOMPOK MENGGUNAKAN TEKNIK REWARD DAN PUNISHMENT UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMA NEGERI 2 KOTABUMI

HAFIIZ, ALBADI (2023) IMPLEMENTASI KONSELING KELOMPOK MENGGUNAKAN TEKNIK REWARD DAN PUNISHMENT UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMA NEGERI 2 KOTABUMI. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&5.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Kedisiplinan peserta didik merupakan suatu keadaan yang penting yang harus dimiliki peserta didik di sekolah. Kurangnya kedisiplinan akan menghambat kegiatan pembelajaran disekolah menjadi tidak efektif. Permasalahan yang diangkat pada penelitian ini yaitu keadaan kedisipinan peserta didik di SMA N 2 Kotabumi, lalu bagaimana implementasi dan hasil dari layanan konseling kelompok menggunakan teknik reward dan punishment untuk meningkatkan kedisiplinan peserta didik kelas XI di SMA N 2 Kotabumi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kedaan kedisiplinan peserta didik kelas XI di SMA N 2 Kotabumi, untuk mengetahui implementasi konseling kelompok menggunakan teknik reward dan punishment untuk meningkatkan kedisiplinan peserta didik kelas XI di SMA N 2 Kotabumi, lalu untuk mengetahui hasil implementasi konseling kelompok menggunakan teknik reward dan punishment untuk meningkatkan kedisiplinan peserta didik kelas XI di SMA N 2 Kotabumi. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data kualitatif dengan metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan juga dokumentasi. Sedangkan untuk teknik analisi data yang digunakan berupa reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, penulis menemukan bahwa 1) Kedisiplinan peserta didik kelas XI di SMA N 2 Kotabumi dengan peraturan yang dibuat dan berlaku di SMA N 2 Kotabumi, adapun bentuk pelanggaran yang dilakukan peserta didik seperti membolos, merokok, terlambat dan tidak menggunakan atribut pakaian yang lengkap. 2) Implementasi konseling kelompok menggunakan teknik reward dan punishment untuk meningkatkan kedisiplinan peserta didik kelas XI di SMA N 2 Kotabumi, adapun bentuk reward yang diberikan oleh guru berupa apresiasi dan gesture tubuh, sementara punishment yang diberikan berupa point, atau hukuman yang telah disepakati oleh para guru mapel dan wali kelas termasuk pihak sekolah. 3) Hasil implementasi konseling kelompok menggunakan teknik reward dan punishment untuk meningkatkan kedisiplinan peserta didik di SMA N 2 Kotabumi. Kata kunci: Konseling Kelompok, Reward dan Punihsment, Kedisiplinan ABSTRACT Student discipline is an important condition that must be owned by students in school. Lack of discipline will hinder learning activities in schools to be ineffective. The problem raised in this study is the state of student discipline in SMA N 2 Kotabumi, then how is the implementation and results of group counseling services using reward and punishment techniques to improve the discipline of class XI students at SMA N 2 Kotabumi. This study aims to describe the discipline status of class XI students at SMA N 2 Kotabumi, to find out the implementation of group counseling using reward and punishment techniques to improve the discipline of class XI students at SMA N 2 Kotabumi, then to find out the results of implementing group counseling using reward techniques. and punishment to improve the discipline of class XI students at SMA N 2 Kotabumi. This study uses qualitative data collection techniques with data collection methods in the form of observation, interviews and also documentation. As for the data analysis techniques used in the form of data reduction, data presentation and drawing conclusions. Based on the results of the research that has been done, the authors found that 1) Discipline of class XI students at SMA N 2 Kotabumi with regulations made and enforced at SMA N 2 Kotabumi, as for the forms of violations committed by students such as truancy, smoking, being late and not using complete clothing attributes. 2) Implementation of group counseling using reward and punishment techniques to improve the discipline of class XI students at SMA N 2 Kotabumi, while the form of reward given by the teacher is in the form of appreciation and body gestures, while punishment is given in the form of points, or punishments that have been agreed upon by the teachers. subject teachers and homeroom teachers including the school. 3) The results of the implementation of group counseling using reward and punishment techniques to improve student discipline at SMA N 2 Kotabumi. Keywords: Group Counseling, Reward and Punishment, Discipline

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pemikiran Politik Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Pemikiran Politik Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Mar 2023 07:03
Last Modified: 07 Mar 2023 07:03
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23461

Actions (login required)

View Item View Item