HAK POLITIK PEREMPUAN BERDASARKAN PERSPEKTIF M. QURAISH SHIHAB DAN RELEVANSINYA DENGAN KONDISI POLITIK LOKAL PROVINSI LAMPUNG

Diah, Ayuningtyas (2023) HAK POLITIK PEREMPUAN BERDASARKAN PERSPEKTIF M. QURAISH SHIHAB DAN RELEVANSINYA DENGAN KONDISI POLITIK LOKAL PROVINSI LAMPUNG. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of COVER BAB 1 BAB 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of DIAH FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Terkait keterlibatan perempuan di dalam dunia politik, memang kurang mendapatkan tempat, baik itu dari struktur kepartaian, keterwakilan perempuan di parlemen maupun sebagai penyelenggara Pemilu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hak politik perempuan dalam perspektif M. Quraish Shihab dan relevansinya dengan kondisi politik lokal. Jenis penelitian yang digunakan untuk menyusun skripsi ini adalah menggunakan penelitian kepustakaan (library research) yaitu penelitian yang dilaksanakan dengan menggunakan literatur baik berupa buku-buku, serta majalah, beberapa artikel dan surat kabar, serta internet maupun laporan hasil penelitian terdahulu. Hasil dari penelitian ini adalah, visi gender M. Quraish Shihab sebagaimana dalam bahasan di atas terlihat mencoba menempatkan perempuan dalam bingkai kesetaraan dan persamaan hak-haknya dengan laki-laki, hal ini tidak untuk memaksakan agama mengikuti kehendak realitas kontemporer, tetapi lebih mencoba memberikan penjelasan atau signifikansi khazanah agama klasik bagi masyarakat kontemporer atau mengapresiasi kemungkinan pemahaman dan penafsiran baru tetapi dengan tetap sangat menjaga kebaikan tradisi lama. Dengan munculnya perempuan dalam politik dan menjadi pemimpin di provinsi Lampung, telah membuktikan bahwa, setiap perempuan memiliki hak dan kewajiban yang sama dalam berbagai bidang kehidupan, termasuk bidang politik. Pada umumnya larangan berpolitik dijadikan alat atas nama agama berupaya menjegal lawan politiknya, yang kebetulan lawan politiknya tersebut menjagokan perempuan sebagai pemimpin. Di samping menimbulkan kontroversi di kalangan umat Islam, persoalan tersebut sering digunakan pula oleh pihak-pihak tertentu untuk mendiskreditkan Islam, dan isu ini kerap kali dimunculkan saat terdapat perempuan yang menjadi calon kuat untuk menjadi pemimpin. Kata Kunci : Pemikiran, M.Quraish Shihab, Relevansi, Hak Politik, Perempuan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pemikiran Politik Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Pemikiran Politik Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Mar 2023 06:43
Last Modified: 07 Mar 2023 06:43
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23455

Actions (login required)

View Item View Item