PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PENGEMBANGAN USAHA TANAMAN HIAS DI DESA MARGO MULYO KECAMATAN TUMIJAJAR TULANG BAWANG BARAT

BANGKIT, LANA DONY (2023) PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PENGEMBANGAN USAHA TANAMAN HIAS DI DESA MARGO MULYO KECAMATAN TUMIJAJAR TULANG BAWANG BARAT. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI BANGKIT LANA DONY.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of SKRIPSI BANGKIT LANA DONY.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Abstrak Pemberdayaan masyrakat adalah upaya yang dilakukan bersama�sama melalui serangkaian kegiatan untuk memperkuat keberdayaan suatu kelompok lemah dalam masyarakat untuk mencapai tujuan kemandirian hidup yang lebih baik dalam memenuhi kebutuhan hidup seperti sandang, pangan, papan, kesehatan dan pendidikan untuk meningkatkan harkat dan martabat lapisan masyarakat yang berada dalam kondisi yang tidak mampu dengan mengandalkan kekuatannya sendiri sehingga dapat keluar dari perangkap kemiskinan dan keterbelakangan, atau proses memampukan dan memandirikan ekonomi masyarakat melalui pengembangan usaha tanaman hias. Berdasarkan permasalahan tersebut adapun tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pemberdayaan ekonomi melalui pengembangan usaha tanaman hias di Desa Margo Mulyo Kecamatan Tumijajar Tulang Bawang Barat. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian field research yakni sifat penelitian ini adalah deskriptif. Adapun sumber data dari penelitian ini adalah data primer yakni adalah masyarakat petani tanaman hias Desa Margomulyo Kecamatan Tumijajar Tulang Bawang Barat yang memiliki usaha tanaman hias yang berjumlah 34 orang petani, peneliti mengambil subjek dengan teknik purposive sampling yakni dengan kriteria, sehingga didapatlah 7 orang petani tanaman hias dan sumber data sekunder yakni data pendukung yang diperoleh secara tidak langsung. Adapun dalam pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan alat pengumpul data yaitu metode wawancara, metode observasi dan metode dokumentasi. Temuan penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa Proses pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui pengembangan usaha tanamana hias di Desa Margo Mulyo dilakukan melalui tujuh tahap yaitu: tahap pertama persiapan, tahap ke dua pengkajian, tahap ketiga perencanaan alternatif program atau kegiatan, tahap keempat performulasian rencana aksi, tahap kelima pelaksanaan program atau kegiatan, tahap keenam evaluasi dan tahap ketujuh terminasi. Dari ketujuh tahapan yang telah dilaksanakan oleh kelompok usaha petani tanaman hias sudah berjalan dengan baik, dibuktikan dengan adanya peningkatan ekonomi masyarakat Desa Margo Mulyo. Namun, ada beberapa tahap yang kurang maksimal. Tahap yang kurang maksimal yaitu kurangnya keterlibatan pemerintah dalam proses pemberdayaan, belum terpenuhinya bantuan bibit unggul sesuai kebutuhan sehingga pembibitan tanaman hias sedikit terhambat., hal ini tidak membuat petani di Desa Margo Mulyo berdasarkan hasil analisi peneliti mendapatkan bahwa petani tanaman hias melakukan tahapan pengembanga usaha dengan memiliki ide usaha awal, memiliki konsep usaha, pengembangan usaha dan implementasi usaha sehingga dalam teknik pengembangan usaha para petani melakukan perluasan usaha antara lain menambah berbagai jenis variatif tanaman hias yang bernilai tinggi, memperluas lahan tanaman dengan meminimalisir modal dan tenaga sehingga memanfaatkan halaman perkarangan, dan memperluas dengan kerjsa sama antar kelompok usaha tanamanhias.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Mar 2023 06:16
Last Modified: 07 Mar 2023 06:16
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23449

Actions (login required)

View Item View Item