DAMPAK PELATIHAN KADER TERHADAP KEMAMPUAN PUBLIC SPEAKING (Studi Pada Himpunan Mahasiswa Islam Komisariat Ushuluddin UIN Raden Intan Lampung)

FAKHRURRAZI, FAKHRURRAZI (2023) DAMPAK PELATIHAN KADER TERHADAP KEMAMPUAN PUBLIC SPEAKING (Studi Pada Himpunan Mahasiswa Islam Komisariat Ushuluddin UIN Raden Intan Lampung). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Dampak Pelatihan Kader Terhadap Kemampuan Public Speaking (Studi Pada Himpunan Mahasiswa Islam Komisariat Ushuluddin UIN Raden Intan Lampung) Oleh Fakhrurrazi Pelatihan kader dalam Himpunan Mahasiswa Islam terdiri dari dua jenis bentuk yaitu secara formal dan informal yang tercantum dalam Hasil-hasil kongres HMI ke-XXXI, Surabaya, 17 – 22 Maret 2021. Dari pelatihan ini kader dapat meningkatkan soft skill dan memiliki modal dasar dalam berpendapat dan menganalisa sebuah problem. selain itu, kader ditempa tidak hanya berbicara intelektualitas saja namun juga mendapat pelatihan yang sampai berbicara pemahaman dan analisis tajam sehingga mampu melahirkan sebuah formulasi untuk sebuah peradaban yang lebih baik. Sebagai mahasiswa selain memiliki penampilan dan etika yang baik, mereka juga harus memiliki kemampuan public speaking yang mumpuni. Dengan mempunyai kemampuan public speaking yang memadai, mahasiswa dapat mengambil langkah-langkah yang efektif dan efisien, serta mampu menangani orang banyak disituasi tertentu. Kemampuan ini tentunya tidak datang dengan sendirinya, melainkan harus ditempah melalui proses pengasahan dan pelatihan agar kemampuan ini bisa ditingkatkan kepekaannya. Salah satunya melalui pelatihan kader yang terdapat pada organisasi Himpunan Mahasiswa Islam. Organisasi kemahasiswaan ini juga melatih untuk menyusun strategi dan bisa memanajemen waktu, diri sendiri dan orang lain. Organisasi mahasiswa sangat penting karena dapat membentuk karakter diri seseorang menjadi mahasiswa yang produktif. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat Deskriptif. Berdasarkan analisis yang dilakukan, hasil yang didapatkan adalah di HMI Komisariat Ushuluddin UIN Raden Intan Lampung dalam segi internal oganisasi para kader pasca mengikuti pelatihan yang secara signifikan, memiliki dampak yang sangat nyata. Meski tidak keseluruhan, kepercayaan diri sebagian peserta yang mengikuti pelatihan semakin membaik, terdapat peningkatan keberanian dalam menyampaikan opini dalam setiap forum-forum diskusi baik pada forum diskusi termatriks sebagai bentuk realisasi program kerja ataupun forum diskusi yang secara non formal bergulir sehingga iii memantik kader lain, serta pendengar menjadi tertarik untuk saling mengeluarkan pendapat dan beragumentasi berdasarkan pengetahuan dan rasionaliasi mereka masing-masing. Kader komisariat yang berada pada tataran kampus memiliki kemampuan public speaking dan mampu memberikan kekhasan yang dibutuhkan, tentunya kemampuan yang mereka miliki itu diasah dan didapatkan dari pelatihan kader yang ada di dalam HMI komisariat. Kata Kunci : Pelatihan Kader, Public Speaking, Himpunan Mahasiswa Islam

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pemikiran Politik Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Pemikiran Politik Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Mar 2023 06:10
Last Modified: 07 Mar 2023 06:10
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23447

Actions (login required)

View Item View Item