PROGRAM KELUARGA HARAPAN DAN PENINGKATAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT MISKIN ( STUDI TENTANG IMPLEMENTASI PERATURAN MENTERI SOSIAL NOMOR 1 TAHUN 2018 DI KECAMATAN BUKIT KEMUNING)

SRI, RAMAYANTI (2023) PROGRAM KELUARGA HARAPAN DAN PENINGKATAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT MISKIN ( STUDI TENTANG IMPLEMENTASI PERATURAN MENTERI SOSIAL NOMOR 1 TAHUN 2018 DI KECAMATAN BUKIT KEMUNING). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI Sri Ramayanti.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK PROGRAM KELUARGA HARAPAN DAN PENINGKATAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT MISKIN ( STUDI TENTANG IMPLEMENTASI PERATURAN MENTERI SOSIAL NOMOR 1 TAHUN 2018 DI KECAMATAN BUKIT KEMUNING) Oleh SRI RAMAYANTI Pada tahun 2007 Pemerintah telah menerbitkan Program untuk penanggulangan kemiskinan yaitu Program Keluarga Harapan (PKH). Bantuan tunai diberikan kepada keluarga miskin yang memenuhi persyaratan dengan tujuan memutus mata rantai kemiskinan dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui pendidikan, kesehatan dan kesejahteraan sosial. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu masih ada beberapa anak yang putus sekolah karena tidak punya uang untuk memenuhi kebutuhan sekolah, kesehatan ibu hamil dan balita yang tidak dipedulikan dan masyarakat masih kesulitan dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, dokumentasi dan wawancara kepada informan yang dipilih dengan teknik snowball sampling. Kemudian penelitian ini menggunakan teori implementasi menurut Merilee S. Grindle sebagai acuan dalam melaksanakan penelitian ini. Adapun tujuan penelitian untuk mengetahui manfaat Program Keluarga Harapan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat miskin di Kecamatan Bukit kemuning dan untuk mengetahui Implementasi Peraturan menteri sosial Nomor 1 Tahun 2018 Di Kecamatan Bukit Kemuning. Berdasarkan hasil dari penelitian ini jika diliat dari Program Keluarga Harapan terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat menuai banyak manfaat untuk masyarakat penerima PKH di Kecamatan Bukit Kemuning, ada beberapa manfaat dari program PKH untuk masyarakat penerima PKH dilihat dari aspek pendidikan, dengan adanya PKH dapat meningkatkan angka partisipasi pendidikan dasar wajib 9 tahun, aspek kesehatan dimana meningkatkan kualitas kesehatan yang mewajibkan peserta untuk memeriksakan kandungannya dan balita secara rutin ketempat pemeriksaan yang telah disediakan dan aspek ekonomi dapat meringankan kebutuhan pokok penerima PKH. Dalam Pelaksanaan Program Keluarga Harapan (PKH) di kecamatan bukit kemuning sudah berpatokan kepada peraturan menteri sosial nomor 1 tahun 2018. Dan sudah berjalan dengan cukup baik. Hal ini terbukti dengan rutinnya pemberian bantuan ini kepada Keluarga Penerima baik dalam bentuk barang maupun uang yang akan mereka gunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka sehari-hari. Keluarga Penerima PKH berdasarkan Komponen seperti komponen Pendidikan, Kesehatan, dan Kesejahteraan Sosial dapat memenuhi kebutuhannya. Kata kunci : Program Keluarga Harapan, Kesejahteraan, Implementasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pemikiran Politik Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Pemikiran Politik Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Mar 2023 03:57
Last Modified: 07 Mar 2023 04:04
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23435

Actions (login required)

View Item View Item