HUBUNGAN ANTARA BERFIKIR POSITIF DENGAN EFIKASI DIRI AKADEMIK PADA MAHASISWA YANG SEDANG MENYUSUN SKRIPSI

Laili, Yulia Nadilla Usman (2023) HUBUNGAN ANTARA BERFIKIR POSITIF DENGAN EFIKASI DIRI AKADEMIK PADA MAHASISWA YANG SEDANG MENYUSUN SKRIPSI. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of COVER BAB 1 BAB 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of DILLA FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Hubungan Antara Berfikir Positif Dengan Efikasi Diri Akademik Pada Mahasiswa Yang Sedang Menyusun Skripsi Oleh: Laili Yulia Nadilla Usman 1531080192 Efikasi diri akademik adalah suatu keyakinan yang dimiliki individu tentang kemampuan atau kompetensinya untuk mengarahkan motivasi, kemampuan kognisi, mengatur tindakan, dan mengambil tindakan yang diperlukan untuk mengerjakan tugas, mencapai tujuan, dan mengatasi tantangan akademik. Penelitian ini bertujuan mengetahui tentang adanya hubungan antara berfikir positif dengan efikasi diri akademik pada mahasiswa yang sedang menyusun skripsi. Metode pengumpulan data menggunakan dua skala psikologi yang meliputi : skala berfikir positif yang terdiri dari 27 aitem, dan skala berfikir positif dari 33 aitem. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah sebanyak 70 subjek yaitu mahasiswa jurusan Psikologi Islam Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung angkatan 2015 sampai 2017 yang sedang menyusun skripasi, dan ditandai dengan sudah mendapatkan SK secara sistem akademik. Teknik pengamnilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah total sampling, dan Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis korelasi product moment, yang dilakukan menggunakan bantuan program SPSS (Statistical Product and Service Solutions) 25.0 for Windows. Data yang dianalisis menunjukan hasil uji hipotesis dengan nilai koefisien korelasi dengan nilai r=0,373 dan signifikasi 0,001 dimana p < 0,01, artinya ada hubungan positif yang signifikan antara berfikir positif dengan efikasi diri akademik pada mahasiswa yang sedang menyusun skripsi pada mahasiswa Psikologi Islam Fakultas Ushuluddin Dan Studi Agama UIN Raden Intan Lampung. Hal ini menunjukan bahwa semakin rendah berfikir postif yang diterapkan oleh mahasiswa maka semakin rendah juga efikasi diri akademik yang terjadi pada mahasiswa dalam menyelesaikan skripsinya. Sedangkan untuk Sumbangan efektif (SE) variabel berfikir positif terhadap efikasi diri akademik sebesar 13,9% yang ditunjukkan oleh koefisien determinasi (R²) sebesar 0,139. Hal ini menunjukkan bahwa masih ada 86,1 % iv lainnya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang berpengaruh terhadap efikasi diri akademik mahasiswa yang sedang menyusun skripsi, seperti : minat, kesabaran, resiliensi, karakter, motivasi belajar, gaya kelekatan, rasa hangat, goal orientasi, enactive mastery experiences, dan persuasi verbal. Kata Kunci: Efikasi diri Akademik, Berfikir Positif

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Psikologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Psikologi Agama
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Mar 2023 03:40
Last Modified: 07 Mar 2023 03:40
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23428

Actions (login required)

View Item View Item