HUBUNGAN ANTARA KEPRIBADIAN BIG FIVE DAN KETERLIBATAN KERJA DENGAN ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB) PADA KARYAWAN TENAGA KESEHATAN

Rahma, Hamidah (2023) HUBUNGAN ANTARA KEPRIBADIAN BIG FIVE DAN KETERLIBATAN KERJA DENGAN ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB) PADA KARYAWAN TENAGA KESEHATAN. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI RAHMA HAMIDAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Hubungan antara Kepribadian Big Five dan Keterlibatan Kerja dengan Organizational Citizenship Behavior (OCB) pada Karyawan Tenaga Kesehatan Oleh: Rahma Hamidah OCB merupakan wujud perilaku yang unik dari aktivitas seorang karyawan dalam bekerja. Organisasi akan berhasil jika karyawan tidak hanya mengerjakan tugas pokoknya saja, namun juga melakukan tugas ekstra seperti membantu karyawan lain, tolong menolong di tempat kerja, berpartisipasi aktif dll. Seperti pada kasus di dalam penelitian ini berdasarkan pada hasil wawancara didapatkan kesimpulan bahwa terdapat tiga karyawan yang tidak memiliki perilaku OCB. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui hubungan antara kepribadian big five dan keterlibatan kerja dengan OCB pada karyawan tenaga kesehatan. Terdapat tiga hipotesis dalam penelitian ini yang pertama terdapat hubungan antara kepribadian big five dan keterlibatan kerja dengan OCB pada karyawan tenaga kesehatan, kedua terdapat hubungan antara kepribadian big five dengan OCB pada tenaga karyawan tenaga kesehatan, ketiga terdapat hubungan antara keterlibatan kerja dengan OCB pada karyawan tenaga kesehatan. Metode pengumpulan data menggunakan skala psikologi yang meliputi skala OCB berjumlah 46 aitem (α=0.952), pada skala kepribadian big five berjumlah 25 aitem (α=0.881), pada skala keterlibatan kerja berjumlah 21 aitem (α=0.887). Teknik analisis yang digunakan yaitu teknik analisis regresi berganda dengan bantuan JASP 0.15 for windows. Subjek penelitian yaitu karyawan tenaga kesehatan dengan karakteristik sudah bekerja dengan masa kerja minimal 1 tahun dan sudah menikah. Sampel yang digunakan sebanyak 80 karyawan tenaga kesehatan diambil menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian pertama menunjukkan nilai =0.921 dan nilai F=216.593 dengan taraf signifikansi <.001. Hasil yang diperoleh memberikan sumbangan sumbangan efektif sebesar 84.9% dan sisanya sebesar 15.1% dipengaruhi oleh variabel lainnya. Hasil hipotesis kedua dengan nilai koefisien korelasi =0.857 dengan taraf signifikansi <.001 artinya menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif signifikan antara kepribadian big five dengan OCB pada karyawan tenaga kesehatan. Hasil hipotesis ketiga dengan nilai koefisien korelasi =0.894 dan dengan taraf signifikansi <.001 artinya menunjukkan arah hubungan yang positif signifikan antara keterlibatan kerja dengan OCB pada karyawan tenaga kesehatan. kata kunci: OCB, Kepribadian Big Five, Keterlibatan Kerja.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Psikologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Psikologi Agama
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Mar 2023 03:09
Last Modified: 07 Mar 2023 03:09
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23419

Actions (login required)

View Item View Item