KOMUNIKASI PERSUASIF DA’I DAN MAD’U DALAM PEMAHAMAN PESAN DAKWAH (Studi Majelis Ta’lim Al-Ansor Kelurahan Pasar Madang Wayataman Tanggamus)

EGA, LESTARI (2023) KOMUNIKASI PERSUASIF DA’I DAN MAD’U DALAM PEMAHAMAN PESAN DAKWAH (Studi Majelis Ta’lim Al-Ansor Kelurahan Pasar Madang Wayataman Tanggamus). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI EGA LESTARI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

ABSTRAK Dalam ilmu komunikasi kita mengenal adanya komunikasi persuasif, yaitu komunikasi yang sifatnya mempengaruhi komunikan, sehingga bertindak sesuai dengan apa yang diharapkan oleh komunikator melalui aspek-aspek psikologis. Berhasil tidaknya proses komunikasi tergantung dari bagaimana komunikator mempengaruhi komunikanya, karena faktor tertentu, sehingga Da’i selaku komunikator harus bisa melakukan persuasif kepadakomunikannya agar terjadi sebuah interaksi yang baik dalam memberikan pemahaman pesan dakwah di Majelis Ta’lim Al-Ansor. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (Field Research) yang bertemapatan di Majelis Ta’lim Al-Ansor Kelurahan Pasar Madang (Waytaman), penelitian ini bersifat deskriptif. Adapun populasi dalam penelitian ini berjumlah 53 orang dengan klasifikasi Da’i berjumlah 2 orang, dan jamaah Majelis Ta’lim berjumlah 50 orang. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode Wawancara, Observasi dan Dokumentasi, maka tahapan selanjutnya adalah data yang telah diperoleh kemudian di analisis, menggunakan analisa kualitatif dan selanjutnya disimpulkan secara induktif. Hasil temuan pada penelitian ini menunjukan bahwasanya komunikasi persuasif yang dilakukan Da’i dalam memberikan pemahaman pesan dakwah pada Mad’u di Majelis Ta’lim Al-Ansor telah dilaksanakan dengan beberapa tahapan, yang pertama Da’i melakukan pendekatan dengan jamaah Majelis Ta’lim untuk menjalin keakraban. Yang kedua Da’i menggunakan metode-metode seperti metode Asosiasi, Integrasi, Pay-off and Fear-arosing, dan Iching untuk menarik perhatian jamaah Majelis Ta’lim. Kemudian yang ketiga Da’i memebrikan kesempatan kepada jamaah untuk bertanya melalui sesi diskusi dan tanya jawab pada akhir acara. Yang ke empat Da’i juga tidak hanya melakukan komunikasi secara berkelompok saja tetapi juga dilakukan secara personal diluar Majelis Ta’lim. Dan terakhir adalah adanya perubahan atau effek dari jamaah (Mad’u) Majelis Ta’lim mulai dari bertambahnya wawasan tentang ilmu iii agama, bertambahnya rasa percaya diri, hingga meningkatnya kualitas ibadah. Jadi dapat disimpulkan Da’i dan Mad’u dalam Pemahaman Pesan Dakwah di Majelis Ta’lim Al-Ansor Kota Agung dilaksanakan dengan baik. Hal tersebut dilakukan melalui beberapa tahapan yang dapat menimbulkan aspek afektif hingga berpengaruh pada aspek behvioral Mad’u atau jamaah Majelis Ta’lim, seperti meningkatnya kualitas ibadah mulai dari sholat, baca qur’an dan fiqh. Kata Kunci: Komunikasi Persuasif Da’i, Mad’u, Pesan Dakwah

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Mar 2023 03:04
Last Modified: 07 Mar 2023 03:04
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23418

Actions (login required)

View Item View Item