PERUBAHAN SOSIAL KEAGAMAAN DI DESA SINAR OGAN KECAMATAN TANJUNG BINTANG KABUPATEN LAMPUNG SELATAN (Studi Kasus Pada Gerakan Jama’ah Salafi)

CLARISA, NOVIA (2023) PERUBAHAN SOSIAL KEAGAMAAN DI DESA SINAR OGAN KECAMATAN TANJUNG BINTANG KABUPATEN LAMPUNG SELATAN (Studi Kasus Pada Gerakan Jama’ah Salafi). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of cover bab 1+5+dapus.pdf] PDF
Download (18MB)
[thumbnail of full skripsi.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

ABSTRAK PERUBAHAN SOSIAL KEAGAMAAN DI DESA SINAR OGAN KECAMATAN TANJUNG BINTANG KABUPATEN LAMPUNG SELATAN (Studi kasus Gerakan Jama’ah Salafi) Oleh: Clarisa Novia Perubahan sosial adalah transformasi dalam organisasi masyarakat, dalam pola berfikir dan prilaku pada waktu tertentu. Dari berbagai golongan Islam, mereka membuat suatu perkumpulan yang diberi nama. Seperti nama gerakan keislaman radikal, fundamentalis, transional, dan lain sebagainya. Secara keseluruhan, golongan Islam mengklaim bahwa seorang salafi adalah orang yang mengambil Al�Qur’an dan As-Sunnah sebagai satu-satunya sumber peraturan agama. Tanpa memandang sumber-sumber lain yang dirasa mampu membantu dalam menangani masalah gerakan keagamaan. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu : 1. Bagaimanakah kehidupan sosial keagamaan masyarakat desa Sinar Ogan Kecamatan Tanjung Bintang Kabupaten Lampung Selatan sebelum datangnya jama’ah salafi? 2. Bagaimanakah Bentuk Perubahan Sosial Keagamaan Masyarakat Desa Sinar Ogan setelah adanya Jama’ah Salafi? Penelitian ini adalah bertujuan. 1. Untuk mengetahui bagaimana Perubahan Sosial Keagamaan Masyarakat di Desa Sinar Ogan Kecamatan Tanjung Bintang Kabupaten Lampung Selatan. 2. Untuk Mengetahui Apakah faktor- faktor yang mempengaruhi perubahan Sosial Keagamaan di Desa Sinar Ogan Kecamatan Tanjung Bintang Kabupaten Lampung Selatan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan sosiologis yang didalamnya dapat menjelaskan logika�logika dan teori-teori klasik dan modern untuk mengambarkan fenomena-fenomena yang ada dalam masyarakat, petode pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi, nanalisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukan iii bahwa perubahan sosial keagamaan masyarakat desa Sinar Ogan setelah adanya Gerakan jama’ah salafi yaitu membentuk masyarakat menjadi manusia yang memiliki pola fikir positif, meningkatkan ilmu keagamaan dan Tindakan sosial sosial terhadap sesama. Faktor pendukung adanya perubahan yaitu masyarakat sangat antusias dengan segala program kegiatan sosial keagamaan. Kata kunci : Perubahan Sosial Keagamaan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Sosiologi Agama
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Mar 2023 03:05
Last Modified: 07 Mar 2023 03:05
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23417

Actions (login required)

View Item View Item