PERAN PEMERINTAH DAERAH DALAM PELESTARIAN SUMBER DAYA IKAN DI SUNGAI MESUJI (Studi Di Desa Wiralaga I Kecamatan Mesuji Kabupaten Mesuji)

MEGA, FAHRIKA (2023) PERAN PEMERINTAH DAERAH DALAM PELESTARIAN SUMBER DAYA IKAN DI SUNGAI MESUJI (Studi Di Desa Wiralaga I Kecamatan Mesuji Kabupaten Mesuji). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&5.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK PERAN PEMERINTAH DAERAH DALAM PELESTARIAN SUMBER DAYA IKAN DI SUNGAI MESUJI (Studi di Desa Wiralaga I Kecamatan Mesuji Kabupaten Mesuji) Oleh MEGA FAHRIKA Kabupaten Mesuji sebagai salah satu daerah yang tidak bisa terlepas oleh adanya sungai besar yaitu Sungai Mesuji yang merupakan pemisah antara Kabupaten Mesuji dengan Provinsi Sumatera Selatan yang seharusnya sungai tersebut memiliki potensi sumber daya ikan yang melimpah. Namun pada kenyataannya saat ini sumber daya ikan di Sungai Mesuji mengalami penurunan. Hal tersebut diakibatkan oleh tidak adanya payung hukum terkait dengan sumber daya ikan termasuk pelestarian sumber daya ikan di Sungai Mesuji sehingga mengakibatkan terjadinya tindakan penangkapan ikan dengan menggunakan alat tangkap yang tidak berwawasan lingkungan seperti setrum, racun ikan, dan bom ikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran Pemerintah Daerah dalam pelestarian sumber daya ikan di Sungai Mesuji khususnya pada Desa Wiralaga I dan untuk mengetahui pengelolaan sumber daya perikanan oleh masyarakat Desa Wiralaga I. Teori yang digunakan untuk menjawab rumusan masalah yang pertama mengenai peran Pemerintah Daerah menggunakan teori Labolo yang membagi peran pemerintah ada tiga, yaitu peran pemerintah sebagai regulator, dinamisiator, dan fasilitator. Kedua, pengelolaan sumber daya perikanan oleh masyarakat menggunakan teori dari Cohen dan Uphoff membagi partisipasi masyarakat dalam pengelolaan sumber daya perikanan ke dalam beberapa tahapan, yaitu tahap dalam perencanaan, tahap dalam pelaksanaan, dan tahap dalam pemanfaatan hasil. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan sifat penelitian deskriptif dan teknik snowball sampling. Sedangkan teknik pengumpulan data dilaksanakan melalui hasil wawancara, observasi dan dokumentasi serta teknik analisis data pada penelitian ini dengan beberapa tahap yaitu, tahap reduksi data, tahap penyajian data dan tahap verifikasi data dengan menggunakan cara triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pemerintah Kabupaten Mesuji belum sepenuhnya berperan karena dalam hal regulator atau regulasi Pemerintah Kabupaten Mesuji belum membuat Peraturan Daerah terkait sumber daya ikan. Kemudian untuk pengelolaan sumber daya perikanan oleh masyarakat dalam hal pemanfaatan hasil belum berjalan efektif karena masih ada saja masyarakat yang menggunakan alat tangkap tidak berwawasan lingkungan sehingga adanya sosialisasi-sosialisasi dan juga program lain yang diadakan oleh Pemerintah Daerah tidak berjalan sebagaimana mestinya. Oleh karena itu Pemerintah Daerah harus mengoptimalkan perannya dengan membuat Peraturan Daerah untuk mengatur pelestarian sumber daya ikan agar keberlanjutan ikan dapat terjaga dan lestari. Kata Kunci: Peran Pemerintah Daerah, Pelestarian Sumber Daya Ikan, dan Sungai Mesuji

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pemikiran Politik Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Pemikiran Politik Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Mar 2023 03:00
Last Modified: 07 Mar 2023 03:00
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23416

Actions (login required)

View Item View Item