HUBUNGAN ANTARA SELF MONITORING DAN SHOPPING LIFESTYLE DENGAN IMPULSIVE BUYING PADA MAHASISWA

Suci, Nur Utami (2023) HUBUNGAN ANTARA SELF MONITORING DAN SHOPPING LIFESTYLE DENGAN IMPULSIVE BUYING PADA MAHASISWA. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI Suci Nur Utami.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Hubungan antara Self Monitoring dan Shopping Lifestyle dengan Impulsive Buying Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Raden Intan Lampung Oleh : Suci Nur Utami Self monitoring merupakan bagaimana individu melakukan penyesuaian dengan lingkungan tempat dirinya berada dengan mengubah dirinya agar sesuai dengan yang diharapkan oleh lingkungannya. Individu dengan self monitoring tinggi selalu ingin menyesuaikan diri dengan lingkungannya dan individu dengan self monitoring rendah tidak berusaha untuk mengubah dirinya agar sesuai dengan lingkungannya berbekal pada kepercayaan diri yang dimilikinya serta keyakinan bahwa yang ditampilkan dimuka umum adalah yang terbaik. Self monitoring dan shopping lifestyle diduga faktor yang mempengaruhi impulsive buying. Tujuan pada penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan antara self monitoring dan shopping lifestyle dengan impulsive buying pada mahasiswa, untuk menganalisis hubungan antara self monitoring dengan impulsive buying pada mahasiswa, dan untuk menganalisis hubungan antara shopping lifestyle dengan impulsive buying pada mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan merupakan metode kuantitatif non eksperimen dengan desain penelitian menggunakan metode korelasional. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa angkatan 2019 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UIN Raden Intan Lampung yang berusia 19 – 21 tahun dengan jumlah populasi sebanyak 1.167 individu. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan sampel sebanyak 110 . Karakteristik sampel pada penelitian ini adalah mahasiswa yang pernah melakukan impulsive buying minimal satu kali. Teknik pengumpulan data menggunakan skala psikologi meliputi skala self monitoring berjumlah 24 aitem (α = 0.844), skala shopping lifetsyle berjumlah 24 aitem (α = 0.880), dan skala impulsive buying iii berjumlah 24 aitem (α = 0.892). Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis regresi berganda yang dibantu dengan program SPSS 25.0 For Windows. Hasil analisis penelitian pertama menunjukkan terdapat hubungan signifikan antara self monitoring dan shopping lifetyle dengan impulsive buying dengan nilai Rx1.2-y = 0.933 dan nilai F = 362.218 dengan p = 0.000 (p < 0.01). Sumbangan efektif X1 dan X2 sebesar 87.1%. Sedangkan 12.9% disebabkan oleh faktor-faktor lainnya yang mempengaruhi impulsive buying . Kemudian kedua terdapat hubungan positif signifikan antara self monitoring dengan impulsive buying dengan nilai (rx1y) = 0.853 dengan nilai Sig. 0.000 (p < 0.01). Sumbangan efektif sebanyak 7.5%. ketiga terdapat hubungan positif signifikan antara shopping lifetyle dengan impulsive buying dengan nilai (rx2y) = 0.933 dengan nilai Sig. 0.000 (p < 0.01). Sumbangan efektif sebanyak 79.6 %. Kata kunci : Self Monitoring, Shopping Lifestyle, dan Impulsive Buying.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Psikologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Psikologi Agama
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Mar 2023 02:36
Last Modified: 07 Mar 2023 02:36
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23409

Actions (login required)

View Item View Item