IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN (DARING) MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 1 CANDIPURO LAMPUNG SELATAN

CATUR, PUTRIYANI (2023) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN (DARING) MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 1 CANDIPURO LAMPUNG SELATAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI CATUR PUTRIYANI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK WHO China Country Offce, telah mengumumkan kasus yang tidak di temukan etiologinya di kota Wuhan, provinsi Hubei, China. Coronavirus (nCoV) merupakan keluarga besar virus yang menyebabkan penyakit dari gejala ringan hingga berat. Indonesia yang menjadi negara kedua tertinggi penyebaran covid-19 dengan lonjakan di atas 1000. Berdasarkan data tersebut, hal ini menunjukkan bahwa Indonesia dalam keadaan kritis kesehatan. Dampak dari penyebaran covid-19 dalam dunia pendidikan menyebabkan diberlakukannya pembelajaran secara daring, begitu juga dalam mata pelajaran pendidikan agama islam juga harus tetap melaksanakan pembelajaran yang dilakukan secara daring. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran dalam jaringan (daring) mata pelajaran pendidikan agama islam di SMA Negeri 1 Candipuro Lampung Selatan. Penelitian dalam skipsi ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah data dikumpulkan kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis data yaitu reduksi data, data display dan verfikasi. Uji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi sumber data. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa implementasi pembelajaran dalam jaringan (daring) mata pelajaran pendidikan agama islam di SMA Negeri 1 Candipuro Lampung Selatan sudah terlaksana cukup baik, peserta didik dan guru telah memiliki beberapa fasilitas-fasilitas dasar yang dibutuhkan dalam pembelajaran daring. Dalam proses pelaksanaan pembelajaran daring memiliki beberapa kelebihan pembelajaran daring seperti tersedianya sarana dan pra sarana seperti wifi apabila guru melaksankan pembelajaran daring disekolah, dapat dengan mudah mengakses aktivitas sekolah di mana pun berada, kelebihan yang dirasakan oleh peserta didik yaitu dapat mencari materi atau tambahan jawaban bukan hanya berpacu kepada materi yang diberikan oleh guru digrup telegram dengan mencari materi tambahan dari sumber lainnya dapat menambah wawasan yang diperoleh. Sedangkan kekurangan dalam pembelajaran daring seperti, Pembelajaran lebih banyak bersifat teoritis dan minim praktek, Pemahaman dan motivasi peserta didik menurun, letak geografis mempengaruhi sinyal internet peserta didik maupun guru, tidak semua peserta didik memiliki fasilitas yang dibutuhkan seperti handphone Kata Kunci : Implementasi, Pembelajaran Daring, Pendidikan Agama Islam v ABSTRACT WHO China Country Office, has announced a case with no etiology found in the city of Wuhan, Hubei province, China. Coronavirus (nCoV) is a large family of viruses that cause illness from mild to severe symptoms. Indonesia is the second country with the highest spread of Covid-19 with a spike above 1000. Based on this data, this shows that Indonesia is in a critical state of health. The impact of the spread of Covid-19 in the world of education has led to the enactment of online learning, as well as in Islamic religious education subjects must also continue to carry out online learning. This study aims to describe the implementation of online learning in Islamic religious education subjects at SMA Negeri 1 Candipuro, South Lampung. The research in this thesis uses descriptive qualitative research. The collection of data used is observation, interviews and documentation. After the data was collected, it was analyzed using data analysis techniques, namely data reduction, data display and verification. Test the validity of the data in this study using the technique of triangulation of data sources. The results of this study illustrate that the implementation of online learning in Islamic religious education subjects at SMA Negeri 1 Candipuro Lampung Selatan has been implemented quite well, students and teachers already have some of the basic facilities needed for online learning. In the process of implementing online learning, it has several advantages of online learning such as the availability of facilities and pre�facilities such as wifi if the teacher carries out online learning at school, can easily access school activities wherever they are, the advantages felt by students are being able to search for material or additional answers instead of only racing on the material provided by the teacher in the telegram group by looking for additional material from other sources can add to the insights obtained. While the deficiencies in online learning such as learning are more theoretical and minimal in practice, understanding and motivation of students decreases, geographical location affects the internet signal of both students and teachers, not all students have the required facilities such as cellphones Keywords: Implementation, Online Learning, Islamic Religious Education

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 06 Mar 2023 07:42
Last Modified: 06 Mar 2023 07:42
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23402

Actions (login required)

View Item View Item