NILAI-NILAI TASAWUF PERSPEKTIF BUYA HAMKA DALAM MEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK

Rini, Wahyuni (2023) NILAI-NILAI TASAWUF PERSPEKTIF BUYA HAMKA DALAM MEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 5 DAPUS.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI RINI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Peserta didik dalam pandangan Islam merupakan sarana untuk melaksanakan ajaran-ajaran Islam yang menyangkut kehidupan bersama. Karena itulah peserta didik harus menjadi dasar kerangka kehidupan duniawi bagi kesatuan dan kerja sama umat menuju adanya suatu pertumbuhan manusia yang mewujudkan persamaan dan keadilan. Bukanlah disebut peserta didik apabila selalu diliputi perasaan dendam, yang muncul akibat kezaliman sosial dan perlakuan buruk sebagian orang terhadap sebagian yang lainnya. Bentuk interaksi seperti ini tidak diakui keberadaannya dalam Islam. Karakter peserta didik adalah yang memiliki sifat-sifat positif dan menjunjung tinggi nilai-nilai kebajikan yang diajarkan oleh Islam. Peserta didik memainkan peran masing-masing untuk membangun kehidupan secara harmonis dengan mencerminkan kerukunan. Kedamaian dan kerukunan menjadi karakteristik utama dari peserta didik. Berangkat dari uraian dalam judul diatas maka penulis tertarik untuk meneliti Nilai-Nilai Tasawuf Perspektif Buya Hamka Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik. Penelitian ini adalah penelitian kepustkaan (library research), teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis content yang termasuk kepada data kualitatif. Diketahui dari hasil penelitian bahwa Buya Hamka mengartikan tasawuf yaitu keluar dari budi perangai yang tercela dan masuk kepada budi perangai yang terpuji. Hakikat tasawuf menurut Buya Hamka ialah memperbaiki budi dan membersihkan batin. Tasawuf yang ditawarkan Buya Hamka adalah tasawuf berdasarkan Al-Qur’an dan Hadist. Jalan tasawufnya melalui sikap zuhud yang dilaksanakan dalam ibadah resmi dan sikap hidup sedernaha yang tidak perlu menjauhi kehidupan normal. Relevansi nilai-nilai tasawuf perspektif Buya Hamka dalam membentuk karakter peserta didik sangatlah signifkan. Nilai-Nilai tasawuf Buya Hamka yang diartikan sebagai perbaikan budi perangai atau dalam Islam disebut akhlak, serta bertujuan agar manusia dekat kepada Allah SWT. Memiliki kontribusi besar dan bahkan dapat menghantarkan ketercapaian pada karakter peserta didik yang didalamnya memilki tujuan dan ruang lingkup yang terdiri dari karakter kepada khaliq dan karakter kepada makhluk, yang pada intinya adalah untuk membangun dan membentuk manusia yang berkepribadian Islam dengan selalu memperbaiki budi pekerti atau iv karakter serta mempertebal iman dan takwa sehingga bisa berguna bagi bangsa dan agama. Kata Kunci: Nilai-Nilai Tasawuf, Buya Hamka, Karakter Peserta Didik. v ABSTRAK Students in the view of Islam are a means to carry out Islamic teachings concerning shared life. That's why students must be the basis of the framework of worldly life for the unity and cooperation of the people towards the existence of a human growth that embodies equality and justice. It is not called a student if he is always filled with feelings of revenge, which arise as a result of social tyranny and the bad treatment of some people towards some of the others. This form of interaction is not recognized in Islam. The character of students is those who have positive traits and uphold the virtues taught by Islam. Students play their respective roles to build a harmonious life by reflecting harmony. Peace and harmony are the main characteristics of students. Departing from the description in the title above, the writer is interested in researching the Values of Sufism from the Buya Hamka Perspective in Shaping Student Character. This research is library research, the data analysis technique used in this research is content analysis which includes qualitative data. It is known from the results of the research that Buya Hamka interprets Sufism as leaving from a despicable character and entering a commendable character. According to Buya Hamka, the essence of Sufism is to improve one's mind and cleanse one's mind. The Sufism offered by Buya Hamka is Sufism based on the Al-Qur'an and Hadith. The way of his tasawuf is through the ascetic attitude which is carried out in official worship and a simple life attitude that does not need to stay away from normal life. The relevance of the values of Sufism from Buya Hamka's perspective in shaping the character of students is very significant. The values of Buya Hamka's Sufism which are interpreted as improvements in temperament or in Islam are called morals, and aim to make humans close to Allah SWT. Has a major contribution and can even deliver achievement to the character of students in which it has goals and scope consisting of character to khaliq and character to creatures, which in essence is to build and shape human beings with Islamic personality by always improving vi character or character and strengthen faith and piety so that it can be useful for the nation and religion. Keywords: Sufism Values, Buya Hamka, Student Character.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 Mar 2023 07:16
Last Modified: 03 Mar 2023 07:16
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23383

Actions (login required)

View Item View Item