TINJAUAN FIQH SIYASAH TANFIDZIYYAH TERHADAP PRAKTIK PEMBAYARAN GAJI KARYAWAN (Studi di Perusahaan Terbatas Perkebunan Nusantara VII Kota Pagaralam)

DONI, WINARTO (2023) TINJAUAN FIQH SIYASAH TANFIDZIYYAH TERHADAP PRAKTIK PEMBAYARAN GAJI KARYAWAN (Studi di Perusahaan Terbatas Perkebunan Nusantara VII Kota Pagaralam). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1-5.pdf] PDF
Download (661kB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Warga kota pagaralam mayoritas bekerjanya adalah sebagai petani kopi serta sayuran, namun tidak sedikit juga masyarakat memilih menjadi karyawan Perusahaan Terbatas Perkebunan Nusantara VII atau pabrik teh, Namun akhir-akhir perusahaan mengalami kerugian sehingga sulit membayar gaji atau tertundanya gaji beberapa karyawan sehingga beberapa bulan yang lalu Perusahaan Terbatas Perkebunan Nusantara VII di kejutkan dengan adanya beberapa karyawan yang melakukan unjuk rasa atau demo di depan kantor di perusahaan pabrik karena mengeluhkan haknya yang semakin lama semakin tidak jelas akan upah atau gaji pokok yang lewat batas atau tidak tepatnya waktu pembagian gaji tersebut sehingga mengakibatkan adanya hubungan kerja yang tidak baik. Dengan adanya hal tersebut maka rumusan masalah yaitu : a). Bagaimana praktik pembayaran gaji karyawan yang di terapkan Perusahaan Terbatas Perkebunan Nusantara VII Kota Pagaralam. b). Bagaimana tinjauan fiqh siyasah tanfidziyyah tentang pembayaran gaji karyawan di Perusahaan Terbatas Perkebunan Nusantara VII tersebut. Adapun tujuan penelitian tersebut yaitu, a). Untuk mengetahui bagaimana praktik pembayaran gaji karyawan yang di terapkan Perusahaan Terbatas Perkebunan Nusantara VII Kota Pagaralam. b). Untuk mengetahui bagaimana tinjauan fiqh siyasah tanfidziyyah tentang pembayaran gaji karyawan di Perusahaan Terbatas Perkebunan Nusantara VII tersebut Jenis penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian yang dilakukan secara langsung dalam pengumpulan data-data yang ada dilapangan dan melakukan wawancara, observasi, dokumentasi. Penelitian ini bersifat deskriptif normatif, yaitu suatu metode penelitian yang digunakan untuk meneliti pada kondisi objek yang alamiah, dimana penliti adalah sebagai instrument kunci. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu dalam Perusahaan Terbatas Perkebunan Nusantara VII Kota Pagaralam terdapat ketidaksesuaian antara sistem pengupahan yang di berikan perusahaan tersebut terhadap karyawan, hal ini tidak sesuai dengan peraturan Undang-Undang No. 13 Pasal 1 Angka 30 tahun 2003 tentang pembayaran gaji. Dalam Tinjauan iii fiqh siyasah tanfidziyyah keterlambatan pembayaran gaji ini dapat menimbulkan kemudharatan, baik bagi perusahaan maupun bagi para buruh atau pekerja penerapan aturan pembayaran gaji karyawan di Perusahaan Terbataa Perkebunan Nusantara VII Kota Pagaralam belum sesuai dengan prinsip keadilan dan kemaslahatan. Kata Kunci : Karyawan, Fiqh Siyasah, Pembayaran Gaji

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 Mar 2023 07:03
Last Modified: 03 Mar 2023 07:03
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23381

Actions (login required)

View Item View Item