PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR PESERTA DIDIK SELAMA MASA PEMBELAJARAN DARING DI SMA NEGERI 2 KALIANDA

DEWI, SAFITRI (2023) PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR PESERTA DIDIK SELAMA MASA PEMBELAJARAN DARING DI SMA NEGERI 2 KALIANDA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL DEWI SAFITRI .pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berjudul “Peran Guru Bimbingan Konseling dalam mengatasi Kesulitan Belajar Peserta Didik Selama Masa Pembelajaran Daring Di SMA Negeri 2 Kalianda”. Kesulitan belajar merupakan suatu keadaan yang menyebabkan siswa tidak dapat belajar sebagai mestinya sehingga memiliki prestasi belajar yang rendah. Peserta didik yang mengalami masalah dengan belajarnya biasanya ditandai dengan gejala, prestasi belajar yang rendah, rendahnya motivasi belajar, kurangnya minat peserta didik mengikuti pelajaran dan minat atau semangat belajar yang rendah. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana peran guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi kesulitan belajar Peserta Didik Selama Masa Pembelajaran Daring di SMA Negeri 2 Kalianda. Selain itu, adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui peran guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi kesulitan belajar Peserta Didik Selama Masa Pembelajaran Daring di SMA Negeri 2 Kalianda. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data yang dikumpulkan menggunakan metode wawancara dan dokumentasi dengan melibatkan guru bk di SMA Negeri 2 Kalianda. Hasil penelitian, maka diketahui bahwa peran guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi kesulitan belajar Peserta Didik Selama Masa Pembelajaran Daring di SMA Negeri 2 Kalianda yaitu sebagai pembimbing, memantau dan memastikan apakah peserta didik yang mengalami kesulitan belajar ini berperilaku baik atau sebaliknya. Kata Kunci : Peran Guru BK, Kesulitan Belajar, Pembelajaran Daring iii ABSTRACT The study was entitled "guiding counseling teacher's role in coping with the challenge of learning participants during your two-time online studies at state high school”. Learning difficulties are a circumstance in which students cannot learn as they should and thus have a low performance in learning. Learners who have problems with learning are usually marked by symptoms, low performance of study, low motivation for learning, lack of interest of learners following a lesson and of low interest or the spirit of learning. The problem in this study is how guidance and counseling teachers play the role of learning challenge learners during your two-time online study period. Furthermore, as for the purpose of this study, it is to know the role of guidance and counseling teachers in dealing with the learning difficulties of learners during your two-time online high school education. The study USES qualitative descriptive methods. Data collected using methods of interviews and documentaries involving a school guidance director at two time school. Research, it is known that the role of guidance and counseling teachers in coping with the learning difficulties of learning participants during their public high school days is your guiding post, monitoring and ensuring whether or not these struggling learners are properly or vice versa. Keyword: The Role of Counseling Teacher's, Learning Difficulties, Online Learning

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Mar 2023 08:00
Last Modified: 02 Mar 2023 08:00
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23374

Actions (login required)

View Item View Item