PENGARUH E-COMMERCE DAN SELF EFFICACY TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA DENGAN KEPRIBADIAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI PERSPEKTIF BISNIS SYARIAH (Pada Mahasiswa Di Kota Bandar Lampung)

NANDA, DWI ISKUNTIANTI (2023) PENGARUH E-COMMERCE DAN SELF EFFICACY TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA DENGAN KEPRIBADIAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI PERSPEKTIF BISNIS SYARIAH (Pada Mahasiswa Di Kota Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 &  BAB 5.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL NANDA DWI ISKUNTIANTI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah ada pengaruh e�commerce dan self efficacy terhadap minat beriwirausaha mahasiswa dengan kepribadian sebagai variabel moderasi dalam perspektif Bisnis Islam pada mahasiswa di Kota Bandar Lampung. Dalam penelitian ini terdapat beberapa permasalahan seperti hasil penelitian terdahulu yang tidak konsisten, dimana e-commerce dan self efficacy tidak berpengaruh terhadap minat berwirausaha mahasiswa, penulis juga melakukan pra-survei secara online mengenai permasalahan apa yang dapat menghambat mahasiswa dalam minat berwirausaha. Demikian pula kepribadian dijadikan sebagai variabel moderasi mengambil saran dari hasil penelitian terdahulu. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan kuesioner. Data primer diperoleh langsung dari responden melalui pengisian kuesioner yang disebar penulis secara online melalui google form, sedangkan data sekunder berupa teori-teori dan data penunjang lainnya diperoleh dari kepustakaan. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa di Kota Bandar Lampung yang berjumlah 59.083 orang. Penelitian ini menggunakan sampel probability sampling dengan teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang, serta menggunakan SmartPLS 3 sebagai pengolah data penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel E-Commerce secara positif dan signifikan berpengaruh terhadap Minat Berwirausaha. Selanjutnya pada variabel Self Efficacy didapatkan bahwa Self Efficacy secara positif dan signifikan berpengaruh tehadap Minat Berwirausaha. Hasil pengujian pada interaksi moderasi Kepribadian pada hubungan E-Commerce terhadap Minat Berwirausaha menunjukkan bahwa Kepribadian berpengaruh positif atau memperkuat hubungan E-Commerce terhadap Minat Berwirausaha. Hasil pengujian pada interaksi moderasi Kepribadian pada hubungan Self Efficacy terhadap Minat Berwirausaha menunjukkan bahwa Kepribadian berpengaruh negatif atau memperlemah hubungan Self Efficacy terhadap Minat Berwirausaha. Dalam perspektif bisnis syariah, minat berwirausaha mempunyai pengertian yaitu segala aktivitas bisnis yang diusahakan secara perniagaan dalam rangka memproduksi suatu barang atau jasa dengan jalan tidak bertentangan dengan syariat Islam. Allah SWT juga telah memerintahkan manusia untuk bekerja dan mencari rezeki yang telah Allah SWT sediakan di muka bumi ini sebagaimana yang dijelaskan dalam QS. Al-Mulk ayat 15. Bekerja dan berwirausaha merupakan salah satu tugas manusia sebagai khalifah fil ardh. Allah SWT memberikan kepercayaan kepada manusia untuk menjadi khalifah di bumi ini bukan hanya semata-mata memikirkan perkara akhirat saja, tetapi manusia diberi tanggung jawab oleh untuk menjaga dan mengelola apa yang telah Allah rizkikan kepada mereka untuk memenuhi kebutuhannya melalui beberapa usaha, salah satunya dengan berwirausaha. Dapat disimpulkan dengan menjadi seorang entrepreneur merupakan salah satu bentuk untuk memenuhi perintah Allah dalam kewajiban mencari rezeki. Kata kunci : E-commerce, Kepribadian, Minat Berwirausaha, Self Efficacy ABSTRACT This study aims to examine whether there is an effect of e�commerce and self-efficacy on student entrepreneurship interest with personality as a moderating variable in the Islamic Business perspective on students in Bandar Lampung City. In this study, there are several problems such as inconsistent results of previous studies, where e-commerce and self-efficacy have no effect on students' interest in entrepreneurship. Likewise, personality is used as a moderating variable taking suggestions from the results of previous studies. This research is quantitative research. This study uses data collection techniques with questionnaires. Primary data was obtained directly from respondents through filling out questionnaires distributed by the author online via google form, while secondary data in the form of theories and other supporting data were obtained from the literature. The population in this study were students in the city of Bandar Lampung, amounting to 59,083 people. This study uses probability sampling with a sampling technique using simple random sampling with a sample of 100 people, and using SmartPLS 3 as a research data processor. The results showed that the E-Commerce variable had a positive and significant effect on Entrepreneurial Interest. Furthermore, on the Self Efficacy variable, it is found that Self Efficacy has a positive and significant effect on Entrepreneurial Interest. The test results on the moderating interaction of Personality on the relationship of E�Commerce to Interest in Entrepreneurship show that Personality has a positive effect or strengthens the relationship of E-Commerce on Interest in Entrepreneurship. The test results on the interaction of personality moderation on the relationship between Self Efficacy and Interest in Entrepreneurship show that Personality has a negative effect or weakens the relationship between Self Efficacy and Interest in Entrepreneurship. In the perspective of sharia business, interest in entrepreneurship has the meaning that all business activities are carried out commercially in the context of producing goods or services in a way that does not conflict with Islamic law. Allah SWT has also ordered humans to work and seek sustenance that Allah SWT has provided on this earth as described in the QS. Al-Mulk verse 15. Working and entrepreneurship is one of the human tasks as caliph fil ardh. Allah SWT gives trust to humans to become caliphs on this earth not only thinking about the hereafter, but humans are given the responsibility to maintain and manage what Allah has provided for them to meet their needs through several efforts, one of which is entrepreneurship. . It can be concluded that being an entrepreneur is a form of fulfilling God's commandments in the obligation to seek sustenance. Keywords : E-commerce, Personality, Interest in Entrepreneurship, Self Efficacy

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Mar 2023 07:17
Last Modified: 02 Mar 2023 07:17
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23370

Actions (login required)

View Item View Item