STRATEGI FUNDRAISING DAN PENDISTRIBUSIAN ZAKAT MELALUI APLIKASI INSTAGRAM DI BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL KOTA BANDAR LAMPUNG

Rami, Putri Wijaya (2023) STRATEGI FUNDRAISING DAN PENDISTRIBUSIAN ZAKAT MELALUI APLIKASI INSTAGRAM DI BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL KOTA BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI Rami Putri Wijaya.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Strategi fundraising sangatlah penting karena dapat menjadi mesin penggerak dari sebuat organisasi pengelola zakat. Maka dari itu sesuatu yang sangat menarik untuk mengetahui bagaimana strategi Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Bandar Lampung untuk bisa memanfaatkan media sosial dengan sebaik mungkin dalam penghimpunan dana zakat, muzakki, serta membentuk citra secara tidak langsung melalui media sosial Instagram. Berkaitan dengan sosial media Instagram dalam penghimpunan dana zakat (fundraising) dan pendistribusian zakat, BAZNAS Kota Bandar Lampung tidak luput dari pemanfaatannya sebagai media promosi. BAZNAS Kota Bandar Lampung memiliki satu buah akun Instagram, yaitu @baznasbandarlampung yang memiliki 1.587 pengikut dan telah memposting 1.012 video dan foto tentang penghimpunan dana dan pendistribusian dana zakat. Dengan memiliki pengikut sebanyak 1.587, maka akan lebih mudah dalam mempromosikan penghimpunan dan pendistribusian dana zakat yang dikelola BAZNAS Kota Bandar Lampung. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk menganalisis secara mendalam bagaimana strategi fundraising dan pendistribusian zakat melaui aplikasi Instagram di Badan amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Bandar Lampung. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah penelitian lapangan (field research). Sumber data penelitian ini, diperoleh dari data primer dan data sekunder. Data primer didapatkan dari staff bagian fundraising (pengumpulan) dan Staff bagian Pendistribusian Zakat Badan Amil Zakat Nasional Kota Bandar Lampung. Dan data sekunder di dapatkan dari buku-buku, hadits, Al-Quran mengenai zakat, brosur, majalah dan Instagram BAZNAS Kota Bandar Lampung. Dalam metode pengumpulan data peneliti meggunakan observasi lapangan dengan mengamati, mencatat dan menganalisa langsung Kantor BAZNAS Kota Bandae Lampung, wawancara dengan staff bagian fundraising dan staff bagian pendistribusian zakat, dan metode dokumentasi dengan mengamati data dokumen berupa foto ataupun vidio yang telah di upload di media sosial Instagram iii BAZNAS Kota Bandar Lampung. Data yang diperoleh kemudian di analisis dengan teknik reduksi data, dilanjutkan dengan penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah BAZNAS Kota Bandar Lampung menggunakan aplikasi instagram sebagai media fundraiisng dan pendistribusian zakat dalam memberikan informasi kepada para muzakki karena masyarakat yang ingin serba mudah. BAZNAS Kota Bandar Lampung dalam Media Fundraising dan Pendistribusian Zakat dilakukan dengan dua cara yaitu offline dan online. Pertama, secara offline dilakukan BAZNAS Kota Bandar Lampung dengan silaturahmi keperkantoran, sedangkan secara online yaitu melalui postingan-postingan yang dibagikan oleh Kota bandar Lampung melalui aplikasi instagram. Dimana media sosial instagram menggunkan teknologi berbasis web yang dapat merubah komunikasi menjadi dialog interaktif. Evaluasi dari mekanisma strategi fundraising dan pendistribusian melalui media sosial instagram yaitu dapatmenghimpun dana zakat, muzakki dari masyarakat umum. Serta dapat memberikan informasi mengenai penyaluran dana zakat untuk masyarakat umum. Strategi fundraising dan pendistribusian zakat melalui aplikasi instagram yang dilakukan BAZNAS Kota Bandar Lampung dapat dinilai cukup efektif. Karena instagram merupakan media fundraiisng dan pendistribusian zakat dalam memberikan informasi kepada para muzakki, dengan mudah dan memberikan keefeltifan masyarakat dalam menerima informasi mengenai zakat di BAZNAS Kota Bandar Lampung. Kata kunci : strategi, fundraising, pendistribusian, zakat, instagram iv ABSTRACT Strategy Fundraising is very important because it can be the driving force of a zakat management organization. Therefore, it is very interesting to know how the strategy of the National Amil Zakat Agency (BAZNAS) of Bandar Lampung City is to be able to make the best use of social media in collecting zakat funds, muzakki, and forming an image indirectly through Instagram social media. With regard to social media Instagram in collecting zakat funds (fundraising) and distributing zakat, BAZNAS Bandar Lampung City does not escape its use as a promotional media. BAZNAS Bandar Lampung City has one Instagram account, namely @baznasbandarlampung which has 1,587 followers and has posted 1,012 videos and photos about raising funds and distributing zakat funds. By having 1,587 followers, it will be easier to promote the collection and distribution of zakat funds managed by BAZNAS Bandar Lampung City. The main purpose of this study is to analyze in depth how the strategy of fundraising and distributing zakat through the Instagram at the National Zakat Agency (BAZNAS) Bandar Lampung City. In this study, the researcher used a descriptive qualitative approach. The type of research carried out is field research (field research). The source of this research data, obtained from primary data and secondary data. Primary data were obtained from the staff of the fundraising (collection) section and the staff of the Zakat Distribution Division of the National Amil Zakat Agency of Bandar Lampung City. And secondary data was obtained from books, hadith, Al-Quran about zakat, brochures, magazines and Instagram BAZNAS Bandar Lampung City. In the data collection method, the researcher used field observations by observing, recording and analyzing directly the BAZNAS office in Bandae Lampung City, interviews with fundraising staff and zakat distribution staff, and the documentation method by observing document data in the form of photos or videos that have been uploaded on social media. Instagram BAZNAS Bandar Lampung City. The data obtained were then analyzed with data v reduction techniques, followed by data presentation, and drawing conclusions. The results of this study are BAZNAS Bandar Lampung City uses the Instagram application as a medium for fundraising and distributing zakat in providing information to muzakki because people want things to be easy. In the mechanism of Instagram Social Media as a Fundraising and Zakat Distribution is carried out in two ways, namely offline and online. First, offline is carried out by BAZNAS Bandar Lampung City with office gatherings, while online, namely through posts shared by BAZNAS Bandar Lampung City through the Instagram application. Where Instagram social media uses web-based technology that can turn communication into interactive dialogue. Evaluation of the mechanism of fundraising and distribution strategies through social media Instagram, which can collect zakat funds, muzakki from the general public. And can provide information about the distribution of zakat funds to the general public. The strategy of fundraising and distributing zakat through the Instagram application carried out by BAZNAS Bandar Lampung City can be considered quite effective. Because Instagram is a media for fundraising and distributing zakat in providing information to muzakki, it is easy and provides community effectiveness in receiving information about zakat at BAZNAS Bandar Lampung City. Keywords: strategy, fundraising, distribution, zakat, instagram

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Mar 2023 06:38
Last Modified: 02 Mar 2023 06:38
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23366

Actions (login required)

View Item View Item