PENGARUH MODEL IMPROVE BERBANTUAN MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK BIOLOGI KELAS X MIPA SMA N 1 AMBARAWA

LINA, FATMA SARI (2023) PENGARUH MODEL IMPROVE BERBANTUAN MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK BIOLOGI KELAS X MIPA SMA N 1 AMBARAWA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI LINA FATMA SARI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Pengaruh Model Improve Berbantuan Mind Mapping Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Biologi Kelas X MIPA SMA N 1 Ambarawa Oleh Lina Fatma Sari Pengaruh model IMPROVE berbantuan Mind Mapping terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik biologi kelas X Mipa SMA N 1 Ambarawa. Model imrprove yaitu suatu model pembelajaran yang inovatif dan di desaign untuk meningkatkan penguasaan materi an mengasah kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Pada penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif jenis quasy eksperimen. Subyek penelitian ini yaitu peserta didik kelas X MIPA SMA N 1 Ambarawa dengan dua kelas yaitu kelas X MIPA 3 sebagai kelas eksperimen dan X MIPA 4 sebagai kelas control. pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode tes dengan memberikan soal essay. data yang telah diperoleh dan dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial berupa uji T independent sample t-test.hasil menunjukan terdapat oerbedaan yang signifikansi antara kelas control dan kelas eksperimen dapat dilihat pada hasil uji sample t-test dengan nilai signifikansi sig.(2-tailed) menunjukan angka 0,000 yang mana niali tersebut lebih kecil dari 0,05 ( 0,000<0,05 ) dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima. Maka disimpulkan bahwa penggunaan model Improve berbantuan mind mapping memiliki pengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik di SMA N 1 Ambarawa. Kata Kunci: Model Improve, Mind Mapping, Berpikir Kreatif iii ABSTRACT The Effect of Mind Mapping-Based Improvement Model on the Creative Thinking Ability of Biology Students Class X MIPA SMA N 1 Ambarawa By Lina Fatma Sari The effect of the Mind Mapping-based IMPROVE model on the creative thinking skills of biology students in class X Mipa SMA N 1 Ambarawa. The Improve model is an innovative learning model designed to improve mastery of the material and hone students' problem-solving abilities. In this study using a quasy experimental type of quantitative research. The subjects of this study were students of class X MIPA SMA N 1 Ambarawa with two classes, namely class X MIPA 3 as the experimental class and X MIPA 4 as the control class. This research data collection uses the test method by providing essay questions. the data that has been obtained and analyzed using descriptive statistical analysis and inferential statistical analysis in the form of an independent sample t-test. The results show that there is a significant difference between the control class and the experimental class. It can be seen in the results of the sample t-test with a significance value of sig. 2-tailed) shows the number 0.000 which is smaller than 0.05 (0.000 <0.05) thus H0 is rejected and H1 is accepted. So it was concluded that the use of the mind mapping-based Improve model had an influence on the creative thinking abilities of students at SMA N 1 Ambarawa. Keywords: Improved Model, Mind Mapping, Creative Thinking

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Mar 2023 03:31
Last Modified: 02 Mar 2023 03:31
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23362

Actions (login required)

View Item View Item