PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MEA (MEANS ENDS ANALYSIS) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIST KELAS VIII DI MTs GUPPI 03 BELANGAH LAMPUNG SELATAN

UMI, KULSUM RAHMAWATI (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MEA (MEANS ENDS ANALYSIS) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIST KELAS VIII DI MTs GUPPI 03 BELANGAH LAMPUNG SELATAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI UMI KULSUM.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Hasil belajar yang rendah disebabkan oleh beberapa faktor salah satunya yaitu model pembelajaran yang kurang bervariasi menyebabkan peserta didik cepat merasa bosan dalam mengikuti aktivitas pembelajaran sehingga pembelajaran tergolong pasif dan hanya berpusat pada pendidik saja, hal ini menyebabkan rendahnya hasil belajar peserta didik tertutama rendahnya kemampuan peserta didik dalam membaca Al-Qur’an yang benar sesuai dengan kaidah ilmu tajwid pada mata pelajara Al-Qur’an Hadist.Untuk menyikapi permasalahan tersebut penulis tertarik untuk mengaplikasikan model pembelajaran Means Ends Analysis (MEA). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadist di MTs Guppi 03 Belangah Lampung Selatan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif berbentuk quasy eksperimental. Desain penelitian menggunakan nonequivalent control grup design.Variabel penelitian terdiri dari variabel bebas yaitu model pembelajaran Means Ends Analysis (MEA), dan variabel terikat yaitu hasil belajar peserta didik kelas VIII pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadist. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VIII MTs Guppi 03 Belangah Lampung Selatan . Populasi berjumlah 114 peserta didik dengan sampel 28 peserta didik kelas VIII C sebagai kelas eksperimen dan 28 peserta didik kelas VIII D sebagai kelas kontrol.Teknik yang digunakan untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu dengan teknik cluster random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal tes, wawancara dan dokumentasi. Teknis analisis data dalam penelitian ini menggunakan beberapa tahapana yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji tingkat kesukaran, uji daya beda yang menggunakan alat bantu hitung berupa microsoft excel, untuk uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis menggunakan alat bantu berupa SPSS versi 22. Berdasarkan hasil analisis data dengan perhitungan t-test pada program SPSS versi 22 menunjukan bahwa sampel t-tes sig (2 tailed) sebesar 0,00 yang berarti lebih kecil dari pada 0,05 (0,00<0,05), hal ini menunjukan bahwa Hₒ ditolah dan Hₐ diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari pengaplikasian model pembelajaran means ends analysis (MEA) terhadap hasil belajara kelas VIII pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadist. Penelitian ini dapat dikatakan efektif karena terciptanya suasa belajar yang aktif, peserta didik dapat menjelaskan pemahamannya mengenai materi ajar tanpa rasa takut salah, takut ditertawakan serta peserta didik dapat mengamalkan secara langsung dalam membaca Al-Qur’an yang benar sesuai dengan kaidah tajwid dan materi ajar. Kata kunci: Model Pembelajaran Means Ends Analysis (MEA), Hasil Belajar. iii ABSTRACT Low learning outcomes are caaused by severa factors, one of which is a less varied learning model causing students to quickly feel bored in participating in learning activities so that learning is classified as passive and only centered on educators, this caused low student learning outcomes, especially the low ability of students in reading the quran corretly in accordance with thw rules of tajwid in the subject of Al�Qur’an Hadist. To address these problem the author is interested in applying the Means Ends Analysis (MEA) learning model. This study aims to the effect of the use Means Ends Analysis (MEA) learning model on learning outcomes of class VIII studentsd in Al-Qur’an Hadist subject at MTs Guppi 03 Belangah south lampung. This research is a type of quantitative reasearch in the form of quasi experimental. The research design used a nonequivalent control group design. This research variable consisted of the independent variable namle the Means Ends Analysis (MEA) learning model, and the dependent variable namely the learning outcomes of class VIII students in the Al-Qur’an Hadist subject. The reaserch subject were students of clsd VIII MTs Guppi 03 Belangah south Lampung. The population was 114 students with a sample of 28 students in the class VIII C as the exoerimnetal class dan 28 students in class VIII D as the control class. The technique use the determine the experimental class and control class was cluster random sampling technique The instruments used in thid study were test questions, interviews anda documentation. Technical anlysis of the data in this study uses several stages, namely vailidity test, reliability test, difficulty level test, differential power test using a calculation tool in the form microdoft excel, for normallity test, homogenity test and hypothesisi tensting using a tool in the form of SPSS version 22. Based on the result of data analysis by calculating the t-test in the SPSS version 22 program, it shows that the sample t-test sig (2 tailed) is 0,00 which means it is smaller than 0,05 (0,00 <0,05), this is show that H0 is rejected and Ha is accepted. So it can be concluded that there is a significant influence from the application of the Means Ends Anlaysis (MEA) learning model on the learning outcomes of class VIII in the subject of Al-Qur’an Hadist. This reasearch can be said to be effective because it creates an active learning atmosphere, student cann explain their understanding of teaching materials without fear of beinf wrong, afraid of being laughed at and the students can practice direcly in reading Al-Qur’an correcly in accordance with the rules of recitation and teachng materials. Keywords: Means Ends Analysis (MEA) Learning Model, Learning Outcomes.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 28 Feb 2023 07:44
Last Modified: 28 Feb 2023 07:54
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23348

Actions (login required)

View Item View Item