PENERAPAN POLA ASUH ISLAMI ORANG TUA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK (Study Di Kampung Sidoluhur Kabupaten Lampung Tengah)

Ahmad, Rapix (2023) PENERAPAN POLA ASUH ISLAMI ORANG TUA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK (Study Di Kampung Sidoluhur Kabupaten Lampung Tengah). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&5.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Perlunya pendidikan karakter sejak anak-anak merupakan bekal untuk melanjutkan kehidupan di masa mendatang dikarenakan generasi muda sekarang ini memiliki kondisi moral atau akhlaq yang rusak. Hal ini ditandai dengan maraknya seks bebas, peredaran narkoba, tawuran pelajar dikalangan pelajar. Sehingga, pentingnya pendidikan karakter diberikan sejak dini agar anak mampu secara mandiri meningkatkan dan menggunakan pengetahuannya, mengkaji dan mempersonalisasi nilai-nilai karakter yang terwujud dalam perilaku sehari-hari juga sebagai bekal di masa berikutnya. Persiapan pendidikan karakter juga dilakukan para orang tua di Kampung Sidoluhur. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana proses penerapan pola asuh islami orang tua dalam pembentukan karakter anak di Kampung Sidoluhur dan apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan pola asuh islami orang tua dalam pembentukan karakter anak di Kampung Sidoluhur. Penelitian ini mengambil lokasi di Kampung Sidoluhur, Lampung Tengah. Jenis penelitian adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif model deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini sebanyak 17 orang informan yang terdiri dari ibu 15 ibu rumah tangga dan 2 ayah anak. Teknik pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik snowball sample. Metode pengumpulan data dengan wawancara mendalam, observasi, dokumentasi dengan teknik analisis data adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan temuan-temuan yang diteliti di lapangan bahwa Proses pelaksanaan pola asuh islami orang tua dalam pembentukan karakter pada anak di Kampung Sidoluhur menggunakan bentuk pengasuhan dengan memberikan kebebasan kepada anak agar anak tidak merasa terkekang oleh aturan orang tua, tetapi kebebasan yang diberikan oleh orang tua tersebut masih dalam pengawasan orang tua. Dalam proses pelaksanaan pola asuh islami orang tua dalam pembentukan karakter anak di Kampung Sidoluhur lebih menerpakan metode kebiasaan dan nasihat. Metode kebiasaan diterapkan karena dianggap menjadi metode yang tepat karena orang tua memberikan kebiasan-kebiasaan yang baik demi membentuk karakter anak dan telah dilakukan secara turun-temurun. Sedangkan metode nasehat diterapkan oleh orang tua di kampung Sidoluhur karena dalam mendidik anak dengan memberikan nasihat dianggap sangat penting, ketika anak melakukan kesalahan maka akan di nasehatai dan diberikan pemahaman tentang kesalahan yang telah di perbuat. Adapun faktor pendorong orang tua dalam menerapkan pola asuh Islami dalam pembentukan anak yaitu lembaga pendidikan anak dan partisispasi kerabat dan saudara. Sedangkan faktor penghambat orang tua dalam menerapkan pola asuh Islami dalam pembentukan anak yaitu yaitu tidak dapat memantau anak secara penuh, teknologi yang semakin canggih dan kurang perhatian yang lebih. Kata kunci : Pola Asuh Islami, Pembentukan Karakter

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Akhlak dan Tasawwuf
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Akhlak dan Tasawwuf
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 28 Feb 2023 07:23
Last Modified: 28 Feb 2023 07:23
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23346

Actions (login required)

View Item View Item