HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI CELEBRITY ENDORSER DAN LOCUS OF CONTROL EKSTERNAL TERHADAP IMPULSIVE BUYING PADA MAHASISWA PENGGUNA APLIKASI TIKTOK

Vida, Hanifa Sari (2022) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI CELEBRITY ENDORSER DAN LOCUS OF CONTROL EKSTERNAL TERHADAP IMPULSIVE BUYING PADA MAHASISWA PENGGUNA APLIKASI TIKTOK. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB I & V.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Hubungan Antara Persepsi Celebrity Endorser dan Locus of Control Eksternal Terhadap Impulsive Buying pada Mahasiswa Pengguna Aplikasi Tiktok Oleh : Vida Hanifa Sari Impulsive buying adalah perilaku pengambilan keputusan secara tiba-tiba dalam membeli produk yang dilakukan dengan jumlah yang banyak tanpa memiliki kegunaan dan kepentingan terhadap barang. Persepsi celebrity endorser dan Locus of control eksternal diduga faktor yang mempengaruhi terjadinya perilaku impulsive buying. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara Persepsi celebrity endorser dan Locus of control eksternal dengan Impulsive buying pada mahasiswa pengguna aplikasi Tiktok. Populasi penelitian ini ialah mahasiswa perempuan jurusan Perbankan Syariah UIN Raden Intan Lampung dengan jumlah 164 mahasiswa. Peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan teknik Purposive Sampling dan sampel dalam penelitian ini sebanyak 64 mahasiswa. Skala Impulsive buying 15 aitem (α= 0,869), Persepsi celebrity endorser 19 aitem (α=0,845), Locus of control eksternal 22 aitem (α=853). Menggunakan teknik analisis regresi berganda dengan SPSS 21.0 for windows. Data yang dianalisis menunjukkan Rx1.2.3-y = 0,408 nilai F=16.065, p = 0,000 (p < 0,01)) menunjukkan ada hubungan antara Persepsi celebrity endorser dan Locus of control eksternal dengan Impulsive buying pada mahasiswa pengguna aplikasi tiktok. Mendapatkan sumbangan efektif sebesar 34.5% terhadap variabel terikat dan 65.5% dihasilkan oleh variabel lain. Rx1-y = 0.555 dan p = 0,000 (p > 0,01) menunjukkan bahwa ada hubungan antara Persepsi celebrity endorser dan Impulsive buying pada mahasiswa pengguna aplikasi tiktok. RX2-y = 0,413 dan p = 0,000 (p > 0,05). menunjukkan bahwa ada hubungan antara Locus of control eksternal dengan Impulsive buying pada mahasiswa pengguna aplikasi tiktok. Kata Kunci : Impulsive buying, Persepsi celebrity endorser, Locus of control eksternal

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Psikologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Psikologi Agama
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 Feb 2023 07:37
Last Modified: 27 Feb 2023 07:37
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23325

Actions (login required)

View Item View Item